Libur Lebaran Bikin Uang Menipis? Yuk, Kembalikan Kondisi Keuangan!

Libur Lebaran Bikin Uang Menipis? Yuk, Kembalikan Kondisi Keuangan!

Uang menipis setelah merayakan lebaran itu hal yang biasa! Walaupun sudah menyisihkan THR untuk keperluan lebaran, tapi uang gaji bulan kemarin pun masih dipakai sebagian.

Nggak masalah sih, asalkan ikhlas. Toh lebaran kan cuma datang sekali setahun!

Yang jadi masalahnya adalah uang menipis setelah digunakan untuk merayakan lebaran kemarin!

Terus Kamu jadi bingung gimana caranya penghematan total agar bisa bertahan hidup sampai tanggal gajian berikutnya.

Nggak perlu bingung! Berapapun sisa uang yang ada di kantongmu sekarang, dengan tips hemat ini dijamin Kamu masih bisa hidup enak sampai akhir bulan nanti!

1. Makan sehat dan hemat setelah lebaran

Karena uang menipis, Kamu harus mengurangi pengeluaran lain agar bisa bertahan hingga akhir bulan. Salah satu pengeluaran yang bisa disiasati adalah pengeluaran untuk makan.

Untuk penghematan kali ini, usahakan untuk mengganti menu dengan makanan yang lebih hemat sekaligus sehat. Jadi selain untuk menghemat pengeluaran sebulan ke depan, kamu juga bisa memperbaiki pola makan pasca lebaran.

Pasti waktu lebaran kemarin Kamu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung santan kan? Nah, dengan berhemat makanan sehat kali ini, Kamu bisa mengganti menu dengan makanan yang berbasis sayuran. Dijamin lebih sehat dan lebih hemat!

Kalau dirasa lebih hemat, Kamu juga bisa memasak sendiri makananmu.

Dengan begini, Kamu bisa menekan pengeluaran makan untuk menutup kembali pembengkakan ketika Lebaran kemarin.

2. Atur ulang pengeluaran harian

Pasang strategi pengeluaran yang baru! Setelah pengeluaran ekstra kemarin, kini Kamu perlu menerapkan rencana pengeluaran yang benar-benar berbeda dari bulan-bulan sebelumnya!

Kamu perlu lihat kembali pos-pos pengeluaran bulananmu dan menata ulang khusus untuk bulan ini.

Kalau biasanya Kamu menyisihkan uang untuk hangout dengan teman atau untuk nonton bioskop, kali ini Kamu bisa memangkasnya demi penghematan. Puasa hangout dan nonton bioskop sebulan nggak ada salahnya kan?

Selain pengeluaran di atas, Kamu masih bisa menekan bahkan memangkas pengeluaran lain yang dirasa kurang penting untuk bulan ini.

3. Mulai menabung kembali

Nah, ini bisa dilakukan nanti setelah kamu berhasil “bertahan hidup” dengan sisa uang menipis pasca lebaran.

Ya walaupun kelihatannya susah, menabung setelah lebaran nggak boleh ditunda kalau mau segera kembali ke kondisi keuangan semula. Terutama bagi Kamu yang sampai mengambil uang tabungan untuk biaya merayakan lebaran kemarin.

Jadi mending buruan sisihkan uang untuk ditabung setelah menerima gaji berikutnya.

4. Mulai perencanaan untuk Lebaran tahun depan

Berkaca dari lebaran tahun ini, Kamu bisa mulai ambil ancang-ancang buat perencanaan budget dan pengeluaran lebaran tahun depan dari sekarang.

Iya, emang kelihatannya masih jauh banget. Tapi kalau lebaran adalah satu-satunya perayaan yang Kamu rayakan secara besar-besaran tiap tahunnya, kenapa nggak merencanakannya setahun sebelumnya?

Jadi hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah bercermin dari lebaran tahun ini. Review kembali apakah ada kebocoran pengeluaran yang tidak Kamu sadari. Ingat-ingat juga pengeluaran apa saja yang jadi kewajiban di setiap lebaran.

Dari situ, Kamu bisa mulai menghitung-hitung pengeluaran wajib yang dikeluarkan untuk lebaran setiap tahunnya. Nggak perlu dalam bentuk perencanaan keuangan yang terperinci, kok! Kamu cuma perlu memastikan kalau pengeluaran untuk lebaran selanjutnya nggak jadi beban.

Uang menipis setelah lebaran? No worries! Dengan melakukan tips di atas, keuanganmu dijamin ke kondisi semula!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of