Bingung, Setelah Lulus Kuliah Mau Apa? 4 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan!

Bingung, Setelah Lulus Kuliah Mau Apa? 4 Hal Ini Bisa Jadi Pilihan!

Setelah lulus kuliah adalah masa di mana banyak orang akan mengalami salah satu dilema paling besar dalam hidup: Setelah ini mau apa?

Pertanyaan ini sering menghantui pikiran banyak lulusan baru.

Setelah bertahun-tahun mendapat kesenangan dalam masa kuliah, seperti mendapat banyak sahabat dekat, aktif dalam event dan organisasi kampus, menemukan kekasih dalam satu fakultas… setelah lulus kuliah Kamu harus kembali berjuang dari nol.

Baik cari kerja, lanjut kuliah, membangun keluarga, atau merintis usaha, Kamu perlu berjuang keras untuk mencapai impian setelah lulus kuliah.

Banyak jalan yang tersedia bagi para lulusan baru. Meski demikian, tak sedikit yang masih bingung menjalani hidup setelah lulus kuliah. Malah ada yang hanya ikut-ikutan teman saja dan akhirnya tidak menemukan kebahagiaan di jalan yang dipilih.

Daripada bingung dan ikut-ikutan teman saja, berikut beberapa jalan yang bisa Kamu tempuh setelah lulus kuliah:

Membangun Karir sebagai Karyawan

Keinginan untuk membalas jasa finansial yang dilakukan orang tua selama masa sekolah hingga kuliah semakin menggebu-gebu setelah lulus kuliah.

Setelah lulus kuliah Kamu tentunya bisa bekerja di bidang yang Kamu inginkan, atau yang sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil.

Dalam mencari pekerjaan sendiri Kamu akan mengalami banyak tantangan karena benar saja kata orang: tak mudah cari kerjaan di zaman sekarang.

Ada orang yang beruntung bisa mendapatkan pekerjaan saat mendatangi job fair pertama kali. Ada pula orang yang harus mengirimkan puluhan bahkan ratusan CV sebelum bisa diterima di satu perusahaan.

Banyak juga orang yang merantau demi pekerjaan yang diimpikan.

Meski cari kerja susah, tantangan sebenarnya baru dimulai ketika Kamu sudah mulai bekerja.

Kamu harus mengubah pola pikir, menyesuaikan diri dengan kebudayaan kantor yang baru, jadi mandiri dan mengatur keuangan sendiri, dan masih banyak lagi.

Meski harus bersakit-sakit dahulu di awal, banyak keuntungan yang bisa Kamu rasakan kalau langsung bekerja setelah lulus kuliah.

Kamu akan bisa mengirimkan uang bulanan kepada orang tua, yang bisa jadi sebuah merupakan kepuasan pribadi.

Kamu akhirnya bisa mandiri secara finansial karena sudah mendapatkan gaji bulanan.

Kamu juga bisa membangun karir dalam pekerjaan yang menjadi passion-mu sejak lama!

Lanjut studi

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, artinya Kamu harus menjalani tantangan semasa kuliah dulu lebih lama.

Melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi juga berarti tingkat kesulitan akademis yang harus dihadapi juga bertambah.

Artinya, Kamu harus lebih sering belajar, membaca buku-buku referensi, mengerjakan tugas, presentasi, dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, reward yang menunggu setelah lulus nanti akan sangat besar.

Kamu bisa mulai bekerja di tingkat yang lebih tinggi karena latar belakang akademismu yang tinggi.

Kamu juga bisa lanjut studi lagi kalau kehidupan akademis dirasa adalah passionmu.

Membangun Bisnis Sendiri/Wirausaha

Jika Kamu memiliki jiwa wirausaha yang kuat, membuka bisnis sendiri juga bisa dilakukan setelah lulus kuliah.

Sebenarnya ini adalah salah satu langkah yang cukup bijak, mengingat adanya ketimpangan jumlah lowongan dan pelamar kerja saat ini di Indonesia.

Menjadi seorang entrepreneur memang tampak menyenangkan karena memiliki fleksibilitas dalam bekerja.

Hanya saja, yang perlu dipahami adalah merintis bisnis memerlukan usaha dan tanggung jawab yang besar di awal.

Selain itu tanggung jawab dalam mengelola keuangan supaya tidak tercampur dengan keuangan pribadi juga bukanlah hal sepele lho, Sobat Pintar.

Meski perlu perjuangan keras dalam merintis sebuah usaha, kerja keras yang Kamu lakukan sekarang akan membuahkan hasil yang manis nantinya.

Menikah

Nggak sia-sia kok setelah lulus kuliah langsung menikah!

Meski banyak yang bilang kalau setelah lulus kuliah langsung menikah itu sama aja buang-buang duit orang tua, faktanya nggak sama sekali, lho!

Ilmu yang Kamu dapat selama berkuliah juga nggak akan sia-sia! Kamu masih bisa kerja freelance dari rumah sambil mengurus rumah dan anak.

Membangun keluarga juga bukan hal yang sepele untuk dilakukan!

Banyak tantangan, seperti tantangan finansial, adu pendapat dengan pasangan, maupun bentrok dengan ekspektasi mertua, yang harus dihadapi keluarga muda.

Intinya, Kamu lakukan apa yang menurutmu bikin bahagia!

Apapun keputusannya, Sobat Pintar perlu langkah bijak dalam perencanaan untuk masa depan, termasuk di dalamnya adalah perencanaan keuangan.

Untuk fresh graduate yang terbilang pemula dalam perencanaan keuangan, pinjaman online terkadang bisa membantu di saat terhimpit kebutuhan.

Nah, fintech yang bisa dipercaya untuk pinjaman di saat mendesak adalah Kredit Pintar!

Pinjaman online di Kredit Pintar mudah untuk didapatkan! Kamu hanya perlu download aplikasinya, isi data diri yang diminta, lalu pinjaman bisa cair ke rekeningmu dalam hitungan jam.

Sehingga Kredit Pintar bisa jadi solusi kebutuhan dana mendesak bagi setiap keluarga muda.

Yuk, buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman.

Pinjam Sekarang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of