Mau Pinjam Uang Online untuk Rayakan Lebaran? Pahami ini Dulu!

Mau Pinjam Uang Online untuk Rayakan Lebaran? Pahami ini Dulu!

Eits, tunggu dulu! Kalau kamu mau pinjam uang online untuk tambah-tambah budget merayakan lebaran, ada beberapa hal yang perlu dipahami.

Memang sih masih ada uang THR, namun terkadang kebutuhan untuk lebaran jumlahnya lebih banyak dari yang diduga. Hingga kamu memutuskan untuk pinjam uang online itu artinya kebutuhan untuk lebaran benar-benar penting dan harus dipenuhi.

Oke, sebelum kamu pinjam uang online untuk keperluan lebaran, pahami beberapa hal ini dulu ya!

Hitung kebutuhannya

Mari mulai dari sini dulu! Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pastikan kamu menghitung kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Baik itu keperluan untuk mengadakan open house halal bi halal saat lebaran, atau untuk keperluan membelikan baju baru untuk semua saudara. Pastikan kamu menghitung semuanya secara detail ya!

Setelah menghitung perkiraan pengeluarannya, kamu kan jadi tahu berapa dana pinjaman yang kamu butuhkan dari aplikasi fintech. Setelah itu baru kamu bisa mengajukan jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Pinjaman konsumtif

Pinjam uang online untuk keperluan lebaran termasuk ke dalam pinjaman konsumtif. Kamu perlu pahami hal ini.

Pinjaman yang tujuannya untuk memenuhi keperluan konsumtif tidak akan membawa keuntungan finansial, tidak seperti pinjaman produktif yang biasanya digunakan untuk modal usaha.

Sehingga perlu disadari betul kalau setelah pinjam uang online untuk keperluan lebaran, di bulan berikutnya kamu harus memangkas sebagian uang gajian untuk melunasi pinjamannya.

Nah, dengan adanya kewajiban melunasi pinjaman ini Kamu perlu menghitung dengan matang apakah pelunasan hutang di bulan berikutnya tidak mengganggu keuangan di bulan tersebut.

Caranya gampang, kok! Cukup pastikan kebutuhan satu bulan terpenuhi terlebih dahulu lalu sisihkan uangnya. Kemudian baru alokasikan uang untuk melunasi pinjaman. Dengan begini kamu nggak akan berasa terbebani untuk melunasi pinjamannya, sekalipun itu pinjaman konsumtif sekalipun.

Pahami & Pilih layanan yang paling aman

Berani pinjam uang berarti paham tanggung jawab untuk melunasi pinjamannya. Sebelum meminjam, kamu perlu mengetahui seluk-beluk pinjaman yang akan diajukan.

Mulai dari syarat pengajuan, lama tenor pinjaman, kapan jatuh tempo pelunasan, perhitungan bunga, hingga denda keterlambatan pembayaran.

Ini bertujuan untuk mempersiapkan dirimu melunasi pinjaman tepat waktu, melunasi penuh dengan bunga yang ditangguhkan, dan tidak tertipu oleh layanan pinjaman online kaleng-kaleng.

Selain itu, agar terhindar dari praktek pinjaman online lintah darat, kamu perlu memastikan kredibilitas layanannya. Caranya dengan memeriksa apakah perusahaan fintech terkait sudah terdaftar di OJK atau belum. Selain itu, kamu bisa mencoba menghubungi customer service melalui nomor telepon atau akun media sosial dari fintech tersebut.

Ini merupakan langkah dasar yang wajib diketahui semua orang sebelum pinjam uang online di fintech.

Sudah nih, dengan begini kamu siap pinjam uang online untuk keperluan perayaan lebaran nanti!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of