Perencanaan Keuangan yang Efektif di Tahun 2020

Perencanaan Keuangan yang Efektif di Tahun 2020

“New Year, New Me.”

Slogan sejuta umat yang diadopsi ketika memasuki pergantian tahun. Di tahun 2020 ini, kamu juga pakai slogan itu nggak buat resolusi tahun baru-mu?

Sebagian besar orang setuju kalau awal tahun itu jadi momen yang pas untuk memiliki tujuan yang baru dalam hidup. Salah satu tujuan yang biasanya ingin dicapai adalah perencanaan keuangan yang lebih efektif.

Hanya saja kemungkinan resolusi tersebut dilupakan atau bahkan gagal sebelum memasuki pertengahan tahun cukup besar.

Kemungkinan ini bisa terjadi karena kamu tidak memiliki langkah tepat dalam menentukan perencanaan keuangan yang lebih efektif.

Langkah berikut bisa kamu adopsi untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih efektif di tahun 2020 ini.

1. Tingkatkan literasi keuangan

Literasi keuangan yang baik jadi dasar kamu untuk memahami perencanaan keuangan yang lebih efektif dan mengaplikasikannya. Terus gimana sih cara meningkatkan literasi keuangan?

Gampang kok!

  • Baca artikel keuangan
  • Tonton video
  • Dengerin Podcast
  • Diskusi keuangan

Kalau bingung mau mulai dari mana, kamu bisa Googling istilah keuangan yang bikin penasaran tapi yang belum kamu ngerti. Nah, dari situ biasanya bisa merembet ke topik-topik yang bikin kamu makin melek finansial.

2. Tentukan porsi spending & saving

Dari total penghasilan satu bulan, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa porsi untuk berbagai keperluan. Ada berbagai macam persentase yang bisa kamu aplikasikan dalam mebagi penghasilanmu dalam sebulan, seperti:

  • 60/20/20

60% dana sehari-hari, 

20% untuk tabungan & investasi, 

20% untuk hiburan

  • 50/30/20

50% dana sehari-hari, 

30% untuk tabungan & investasi, 

20% untuk hiburan

  • 70/20/10

70% dana sehari-hari, 

20% untuk tabungan & investasi, 

10% untuk hiburan

Catatan: tidak semua orang cocok dengan persentase pembagian penghasilan di atas. Kamu perlu meninjau kebutuhan dan gaya hidupmu sendiri, bahkan kalau perlu trial & error sebelum menemukan formula yang pas untuk perencanaan keuangan yang cocok untukmu.

3. Buat tabungan darurat

Kalau yang ini sifatnya wajib! Kamu memang perlu punya tabungan darurat yang jumlahnya paling tidak satu kali gaji bulananmu atau tiga bulan pengeluaranmu.

Kenapa tabungan dana darurat itu penting untuk perencanaan keuanganmu?

Alasan yang paling kuat adalah dana darurat bisa menghindarkan kamu dari hutang.

Ya kita nggak ada yang tahu apa yang bisa terjadi besok dan kebutuhan dadakan apa yang bisa aja muncul. Mungkin kamu tiba-tiba butuh uang untuk tambahan modal usahamu. Atau bisa aja kamu tiba-tiba harus pergi ke luar kota dadakan untuk urusan pekerjaan.

4. Investasi

Mumpung masih punya semangat New Year New Me, sebaiknya kamu mengumpulkan uang untuk tujuan yang lebih besar, seperti untuk biaya pernikahan, beli rumah, ataupun untuk dana hari tua.

Tapi caranya bukan dengan menabung aja, ya! Kamu bisa mulai berinvestasi untuk mencapai target finansial sesuai keinginan.

Sekarang udah banyak instrumen investasi yang bisa kamu pakai untuk perencanaan keuangan yang lebih efektif. Ada reksadana yang akhir-akhir ini banyak digemari anak muda, investasi saham, investasi emas yang belum turun pamor, maupun binary trading yang sempat viral di penghujung tahun 2019.

Yang perlu kamu perhatikan adalah kemahiranmu dalam berinvestasi & seberapa besar keuntungan yang ingin kamu raih. Misalnya, investasi saham memang menawarkan keuntungan besar, tapi juga memiliki kemungkinan risiko yang besar juga. Maka dari itu kamu perlu punya kemampuan mitigasi risiko yang baik.

Catatan lain, jika kamu ingin mencoba platform investasi baru, biasakan untuk cek apakah platform tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum.

5. Manfaatkan promo dengan bijak

Transaksi cashless semakin banyak digunakan masyarakat. Antusiasme ini disambut baik oleh perusahaan penyedia layanan transaksi cashless. Terbukti di tahun 2019 lalu banyak promo diskon maupun cashback untuk pembayaran dengan menggunakan berbagai aplikasi.

Kamu pasti manfaatin promo-promo tersebut untuk jajan kan?

Tapi kamu perlu bijak dalam memanfaatkan promo tersebut. Meski terlihat menggiurkan, kamu perlu ingat perencanaan keuangan yang sudah kamu buat. Diskon 50% dengan maks potongan 50rb memang terlihat besar, tapi tanya lagi pada diri sendiri apakah kamu butuh beli barang tersebut?

6. Financial tracker untuk perencanaan keuangan

Sekarang semua udah serba digital dan jadi lebih mudah. Dalam perencanaan keuangan, kamu bisa pakai berbagai aplikasi ponsel yang memenuhi fungsi financial tracker atau pelacak keuangan.

Kamu akan dimudahkan dalam mencatat semua sumber pemasukan dan semua pengeluaran, hingga jumlah uang yang kamu sisihkan untuk menabung dan investasi setiap bulannya.

Aplikasi seperti ini pun sudah mendukung untuk mengunggah bukti pembayaran, jadi dompet kamu udah nggak bakal dipenuhi nota-nota.

Dengan tahu langkah-langkah untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih efektif di tahun 2020, goals finansialmu nggak akan gagal ataupun terlupakan di tengah jalan.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Yahya muslikinSigit andri yanto Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sigit andri yanto
Guest
Sigit andri yanto

Semoga kredit pintar menjadi yg terpercaya di masyarakat..

Yahya muslikin
Guest
Yahya muslikin

Sukses dan jaya truss kredit pintar