4 Alasan Pentingnya Memiliki Pekerjaan Sampingan

4 Alasan Pentingnya Memiliki Pekerjaan Sampingan

Salah satu cara yang paling umum untuk menambah penghasilan adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini bisa apa saja yang menghasilkan uang di luar pekerjaan harian Sobat Pintar. Pekerjaan tersebut nggak harus berupa bisnis yang memberi keuntungan besar yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Nggak peduli berapa uang yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut. Bisa berupa mengelola blog pribadi dan mendapat keuntungan dari iklan yang dipasang pada blog tersebut. Bisa menjajakan jasa desain grafis bagi Sobat Pintar yang mahir desain. Atau bisa juga mengelola saluran YouTube yang berisi konten tutorial make-up.

Pekerjaan sampingan tampaknya lebih populer di generasi milenial dibandingkan pada generasi-generasi sebelumnya. Survei dari GoDaddy menunjukkan dari 1000 orang milenial, setengah di antaranya memiliki pekerjaan sampingan. Sedangkan pada responden generasi baby boomers dengan jumlah yang sama menunjukkan hanya satu per empatnya saja yang memiliki pekerjaan sampingan. Milenials tampaknya lebih sadar manfaat memulai pekerjaan sampingan selain mendapatkan penghasilan tambahan. Maka dari itu bagi Sobat Pintar yang nggak butuh tambahan penghasilan sekalipun, penting memulai pekerjaan sampingan untuk merasakan berbagai kelebihannya, seperti berikut:

Sebagai sarana menyalurkan passion

Pekerjaan sampingan juga bisa sebagai sarana menyalurkan passion, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang yang bukan passion mereka. Misalnya seorang pegawai bank yang mempunyai kegemaran menulis memiliki project sampingan dengan memulai blog pribadi. Atau seorang karyawan kantoran yang memiliki hobi memasak dan memutuskan untuk membuka saluran kelas memasak di YouTube.

Itulah mengapa perlu mengedepankan segi passion dalam melakukan pekerjaan tambahan. Sobat Pintar bisa mengalokasikan waktu satu atau dua jam sehari mengerjakan project sampingan. Anggap saja uang yang dihasilkan dari melakukan pekerjaan ini sebagai bonus setelah melakukan hobi.

Menambah gairah pada pekerjaan utama

Ada yang beranggapan kalau pekerjaan sampingan membuat seseorang makin stress. Sudah mendapat banyak kerjaan dari pekerjaan utamanya, masih ditambah deadline dari project sampingan yang dikerjakan. Namun jika pekerjaan sampingan yang dilakukan sesuai dengan passion orang tersebut, justru pekerjaan tersebut lebih terasa seperti hobi. Melakukan hobi yang bisa menghasilkan uang, siapa yang nggak mau begitu, kan?

Kebanyakan pekerja merasa cepat jenuh pada pekerjaannya karena melakukan hal yang monoton setiap harinya. Waktu di pagi hari habis untuk bersiap pergi kerja, lalu bekerja minimal delapan jam hingga pukul 5 sore, setelah itu menghabiskan waktu menonton serial drama favorit hingga tertidur; dan mengulangi kegiatan tersebut setiap hari. Dengan mengalokasikan waktu satu atau dua jam untuk mengerjakan project sampingan yang digemari, Sobat Pintar akan merasa lebih bersemangat setiap harinya.

Bukannya menambah stress, mengerjakan project lain yang sesuai passion justru menambah semangat Sobat Pintar dalam bekerja. Selain karena kesenangan yang ditawarkan, uang hasil kerja sampingan juga menawaran alasan lebih baik untuk berangkat ke kantor, tidak hanya karena mencari uang saja.

Memperluas networking

Bagi yang bekerja dalam kantor dari jam sembilan pagi hingga lima sore, pergaulan mungkin hanya terbatas pada teman-teman lama atau teman kantor saja. Ini tentunya menjadi sumber kejenuhan dalam menjalani pekerjaan harian. Dalam hal ini, kelebihan lain yang ditawarkan dari memulai pekerjaan sampingan adalah memberi kesempatan Sobat Pintar untuk bergaul dan mengenal lebih banyak orang.

Sobat Pintar bisa mengenal banyak orang baru, mendapat banyak teman baru, bahkan bergabung dalam berbagai komunitas. Dengan bertemu orang-orang baru, Sobat Pintar akan merasa lebih bersemangat dalam hidup. Memperluas networking juga berarti memperluas kesempatan untuk mengembangkan project sampingan yang Sobat Pintar geluti.

Memberi penghasilan tambahan

Salah satu alasan utama sebagian besar orang bekerja sampingan adalah untuk menambah penghasilan. Bisa jadi gaji mereka di pekerjaan utama tidak bisa menutup semua kebutuhan yang mereka inginkan. Dengan melakukan pekerjaan selain pekerjaan utama, mereka bisa mendapat penghasilan lebih. Memang pekerjaan sampingan dengan rentang frekuensi yang jarang tidak bisa diandalkan sebagai sumber pemasukan utama. Namun kalau tekun membangun usahanya, bisnis sampingan nantinya bisa dijadikan sumber pemasukan yang bisa diandalkan.

Anggap saja upah yang tak seberapa dari pekerjaan sampingan sekarang menjadi cadangan bisnis yang menjanjikan di masa depan. Jadi kalau sudah mulai jenuh dengan bekerja kantoran 8 jam sehari, Sobat Pintar sudah punya cadangan usaha yang tinggal dikembangkan.


Sekali lagi, menjalani pekerjaan sampingan dengan motivasi menambah pemasukan akan terasa sangat melelahkan. Lama-lama Sobat Pintar justru merasa lebih jenuh dan kelelahan akibat menjalani dua pekerjaan yang memberikan beban yang sama. Nah, kalau dari awal bertujuan untuk menambah penghasilan, Sobat Pintar juga bisa mendapat uang tanpa perlu bekerja lagi, lho!

Caranya adalah dengan mulai pendanaan P2P Lending di Kredit Pintar. Sitemnya mirip dengan menabung biasa. Bedanya, uang yang Sobat Pintar simpan dalam pendanaan tidak akan bisa diakses hingga periode pendanaan berakhir. Namun, keuntungan yang didapatkan lebih dari menabung pada umumnya. Pendanaan di Kredit Pintar memberi bunga keuntungan hingga 18% p.a dengan modal hanya Rp 50 ribu.

Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan? Jangan buang waktu! Mulai pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman!

Mulai Pendanaan!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of