Musim Hujan Tiba, Waspada dengan Pengeluaran Tak Terduga!

Musim Hujan Tiba, Waspada dengan Pengeluaran Tak Terduga!

Musim hujan sudah mulai perlahan menghampiri kita. Bagi para anak indie penikmat senja, musim hujan bisa jadi kesempatan emas karena akan banyak kesempatan menulis kalimat puitis dalam feeds Instagram. Di sisi lain, musim hujan bisa jadi musim yang bikin kesal. Terutama bagi Sobat Pintar yang setiap hari harus bepergian ke tempat kerja.

Kebayang kan, ribetnya ketika berjalan di trotoar basah mengenakan sandal dan dengan tangan kanan menenteng sepatu, tangan kiri mengangkat payung serta ransel yang ditopang di bagian depan badan?

Nggak hanya mengganggu mood dan keleluasaan beraktivitas, musim hujan juga jadi biang pengeluaran tak terduga yang harus Sobat Pintar waspadai! Apa aja sih pengeluaran tak terduga yang bisa muncul saat musim hujan?

Tarif ojek online naik

Bagi Sobat Pintar yang sangat mengandalkan moda transportasi online untuk bepergian, pasti mengerti kalau perubahan cuaca mempengaruhi kenaikan tarif. Apalagi kalau hujan turun saat jam pulang kantor. Selain tarifnya yang semakin mahal karena high-demand, untuk mendapat pengemudi ojek online pun cenderung lebih lama dalam kondisi ini. Karena pergantian dari musim kemarau dan musim hujan yang dramatis, tak jarang driver ojek online tidak membawa jas hujan. Akhirnya, pilihan kembali di tangan Sobat Pintar: beralih ke taksi online yang pasti lebih mahal, menunggu hujan reda yang entah sampai kapan, atau nekat menerjang hujan dengan konsekuensi pakaian basah dan jatuh sakit.

Solusi: Kalau ingin menghindari tarif ojek online yang naik, Sobat Pintar sebaiknya beralih ke moda transportasi umum. Ya harus lebih usaha sih; harus jalan ke halte saat hujan. Selalu ingat untuk membawa payung atau jas hujan lho!

Biaya perwawatan kendaraan

Kalau Sobat Pintar terbiasa bepergian dengan kendaraan sendiri, masih ada lho pengeluaran tak terduga yang mengintai.

Tahu kan setelah kehujanan pasti kendaraan jadi kotor? Kalau kendaraan tidak langsung dicuci setelah kehujanan, Sobat Pintar perlu menyiapkan uang lebih untuk biaya service. Meski nampak biasa aja, air hujan yang mengguyur kendaraan bisa menyebabkan kerusakan fatal, lho! Kalau Sobat Pintar nggak mau service kendaraan, mau nggak mau harus cuci kendaraan setelah kena hujan. Eh, kalau nggak sempat? Yaa harus keluar uang ke tempat pencucian.

Solusi: Kalau mau hemat, Sobat Pintar harus mengalokasikan waktu untuk mencuci kendaraan sendiri! Pilih mana: bayar ongkos cuci kendaraan atau cuci kendaraan sendiri?

Tambah ongkos laundry

Kalau biasanya Sobat Pintar mencuci manual, dengan datangnya musim hujan datang juga pengeluaran untuk ongkos laundry. Tapi mau gimana lagi? Mau mencuci manual juga sudah tidak bisa mengandalkan sinar matahari di saat musim hujan seperti ini. Apalagi kalau setiap pulang kerja nekat menerjang hujan. Cucian kotor makin cepat menumpuk, deh!

Solusi: Jangan mencuci saat hari kerja. Menumpuk cucian kotor (kering) hingga akhir pekan itu hal yang wajar, kok! Namun usahakan jangan menerjang hujan untuk menghindari cucian kotor yang basah.

Uang untuk berobat

Awalnya sih pusing mikirin kemungkinan pengeluaran saat musim hujan. Eh, sekarang jadi pusing beneran gara-gara kehujanan. Kalau udah sakit, jelas bikin tambah buruk keadaan kan?

Solusi paling mudah ya beli obat generik. Tapi apa Sobat Pintar yakin hanya dengan mengonsumsi obat generik bakal cepat sembuh? Untung ada BPJS sih yang bisa menutup biaya berobat ke dokter. Tapi kalau sakit kan kemauan makan jadi aneh. Nggak mau makan yang banyak micin lah, nggak mau yang berminyak lah. Akhirnya Sobat Pintar beli makanan sehat yang harganya lebih mahal dari biasanya. Ya tapi mau gimana lagi, terlalu lama sakit juga nggak enak, kan?

Solusi: Minum multivitamin. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Mengonsumsi suplemen multivitamin bisa meningkatkan kekebalan tubuh meski musim hujan menerpa.

Datangnya pengeluaran tak terduga di musim hujan bisa jadi pembelajaran buat Sobat Pintar untuk mempersiapkan keuangan untuk hal tak terduga di masa mendatang.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Ingin Meraih Kebebasan Finansial? Mulai 5 Kebiasaan Ini! Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] pengeluaran tak terduga lain akibat barang yang Sobat Pintar gunakan mengalami kerusakan. Misalnya saat musim hujan ini, demi menghindarkan dari biaya service kendaraan, Sobat Pintar lebih baik menggunakan moda […]