Menuju Financial Freedom: Hidup Tanpa Pusing Soal Uang

Menuju Financial Freedom: Hidup Tanpa Pusing Soal Uang

Kalau sewaktu-waktu kita harus membayar tagihan service kendaraan yang tak sedikit, pasti banyak yang mencemaskan kondisi keuangan kita ke depan hingga hari gajian berikutnya tiba. Harus lebih hemat makan, tidak akan nongkrong sama sekali, atau tidak akan membeli baju baru untuk sebulan ke depan! Semua pengorbanan itu kita lakukan karena ada pengeluaran yang tak terduga. Bayangkan kalau kita tidak perlu cemas akan kondisi keuangan, dan langsung membayarkan biaya service tersebut. Setelah kejadian itu, kita pun menjalani hidup seperti biasa tanpa melakukan pengorbanan pengeluaran.

Bisa terbayang kan rasanya? Itulah yang dinamakan financial freedom atau kebebasan finansial.

Eits! Financial freedom bukan hanya tentang ketersediaan uang darurat. Yuk lihat dalam cakupan yang lebih luas! Financial freedom bisa diartikan sebagai melakukan berbagai aktivitas tanpa mengkhawatirkan apakah saldo dalam rekening dapat mencukupi kebutuhan setelahnya. Dengan mencapai kebebasan finansial juga berarti kita bisa mengambil keputusan tanpa melibatkan uang sebagai bahan pertimbangan.

Rasanya seperti orang yang punya penghasilan besar, kan?

Faktanya, gaji yang besar tidak lantas membuat seseorang memiliki kebebasan finansial. Financial freedom tidak bisa dicapai hanya karena nominal gaji sudah mencapai dua digit. Sebaliknya, financial freedom memerlukan waktu yang relatif lama untuk mencapainya. Setiap orang memerlukan waktu yang berbeda dalam mencapai kebebasan finansial karena keinginan dan kebutuhan setiap orang memang berbeda.

Apa arti financial freedom untukmu?

Mencapai kebebasan finansial memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang; hal ini karena pengaruh perbedaan kebutuhan dan keinginan yang kita miliki. Kebebasan finansial sifatnya personal dan tidak bisa dibandingkan dengan orang lain. Mungkin Sobat Pintar menganggap bos di kantor sudah mencapai kebebasan finansial karena sudah memiliki gaji besar, punya mobil mewah dan tinggal di rumah kawasan elite. Namun kita tidak tahu kalau si bos ternyata punya tanggungan menyekolahkan anak-anaknya hingga kuliah, memiliki keinginan untuk berlibur keliling dunia yang terpentok kebutuhan dan cicilan rumah yang harus dia bayarkan setiap bulannya.

Sobat Pintar pun bisa menetapkan arti financial freedom dan tidak ada seorang pun yang bisa merasakan kelegaan yang sama saat mencapainya. Lantas apa financial freedom menurut Sobat Pintar?

    • Bisa nongkrong dan beli baju baru setiap saat tanpa harus khawatir menabung lagi;
    • Liburan kapan pun, kemana pun tanpa perlu menabung berbulan-bulan;
    • Bisa keluar dari kehidupan karyawan dan pensiun dini.

Apa yang ditawarkan financial freedom?

Meski perlu usaha keras dan waktu yang lama, membangun jalan menuju kebebasan finansial nantinya akan memberi kita banyak manfaat untuk hidup, seperti berikut:

  • Kebebasan finansial memberi ketenangan pikiran

Manusia takut akan banyak hal, salah satu ketakutan yang paling besar adalah terhadap ketidakpastian di masa depan. Salah satu yang bisa didapatkan ketika mencapai kebebasan finansial yang sesungguhnya adalah jaminan hari pensiun nanti. Dengan mencapai kebebasan finansial, tidak hanya hari tua kita nanti terjamin, tapi juga saat masih muda kita tidak perlu lagi pusing mengkhawatirkan nasib kita saat tua nanti.

  • Kebebasan finansial memberi kelonggaran waktu

Hidup tidak hanya untuk bekerja! Waktu di dunia ini terbatas, dan kalau hanya diisi dengan bekerja, berarti kita tidak bisa menikmati waktu yang ada. Itu yang terjadi jika kita tidak segera mencapai financial freedom! Kebebasan finansial menawarkan waktu luang untuk kita menikmati hidup. Kita tidak perlu lagi mengambil kerja sampingan selama akhir pekan atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan pengeluaran sebulan ke depan.

  • Kebebasan finansial mengurangi urusan dengan uang

Sebuah kebenaran yang sulit bahwa sampai tua nanti kita tidak akan pernah berhenti berurusan dengan uang. Tentu ini mengganggu kebahagiaan hidup. Kalau bilang uang adalah sumber kebahagiaan, lantas kenapa banyak orang mengejar karir yang memberi gaji besar ketimbang melakukan pekerjaan yang menjadi passion mereka? Dengan mencapai financial freedom, Sobat Pintar bisa mengundurkan diri dari pekerjaan sekarang untuk memulai pekerjaan impian, tanpa khawatir walaupun gaji yang ditawarkan lebih kecil.

Apa ukuran mencapai kebebasan finansial?

Arti kebebasan finansial bagi setiap orang berbeda-beda, ini yang menyebabkan ukuran bebas finansial setiap orang berbeda pula. Meski begitu, setiap orang perlu menecapai berbagai aspek berikut agar bisa mencapai kebebasan finansial yang didambakan:

  • Bebas hutang

Kalau masih memiliki tanggungan hutang, sampai kapan pun kebebasan finansial tidak akan berada dalam jangkauan.

  • Punya tabungan yang cukup

Berapa banyak tabungan bisa dikatakan cukup? Banyak sumber yang sepakat kalau paling tidak tabungan yang dimiliki bisa mencukupi biaya hidup selama tiga bulan. Angka ini ditetapkan untuk berjaga-jaga kalau ada pengeluaran tak terduga yang mendadak muncul.

  • Memiliki sumber penghasilan pasif

Mulai membangun sumber passive income merupakan langkah awal menuju financial freedom. Meskipun tidak memberi keuntungan yang besar di awal, kalau tekun dan sabar membangunnya, nanti sumber passive income yang dimiliki akhirnya bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan utama.

  • Memiliki aset investasi

Memiliki berbagai aset investasi juga merupakan ukuran apakah Sobat Pintar sudah mencapai kebebasan finansial atau belum. Aset investasi ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan kekayaan yang aman dan terhindari dari gerusan inflasi.

Bagaimana mencapai financial freedom?

Sekali lagi, mencapai kebebasan finansial tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Perlu waktu yang lama, bahkan hingga bertahun-tahun untuk mencapainya. Saat mengejar kebebasan finansial, Sobat Pintar juga perlu melakukan usaha keras dan pengorbanan besar. Lantas apa aja langkah konkret yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial?

  • Tentukan tujuan hidup

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa yang Sobat Pintar inginkan dalam hidup agar bisa menentukan langkah berikutnya. Apakah Sobat Pintar nantinya ingin hidup di kota besar dan di rumah yang mewah, menghabiskan waktu pensiun dengan berlibur keliling dunia, atau ingin hidup di kampung halaman dengan tenang? Coba buat daftar yang spesifik mengenai tujuan hidup yang Sobat Pintar inginkan untuk menentukan seberapa besar usaha yang perlu dilakukan.

  • Lunasi semua hutang

Hutang akan terus menjadi beban finansial sebelum benar-benar dilunasi. Jika masih memiliki hutang, yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah memprioritaskan pelunasan hutang. Sejak hari gajian sebaiknya Sobat Pintar sudah mengalokasikan sejumlah uang untuk melunasi hutang yang ditanggung. Kalau hutang sudah lunas, baru Sobat Pintar bisa lanjut ke langkah berikutnya.

  • Terus menabung

Seperti yang sudah disebutkan, minimal uang yang ada dalam tabungan adalah biaya hidup selama tiga bulan. Maka dari itu, uang sejumlah tiga bulan biaya hidup tersebut tidak bisa diganggu karena berfungsi sebagai uang darurat. Sobat Pintar perlu menabung lagi untuk bisa mencapai financial freedom yang jadi impian.

  • Mulai berinvestasi

Setelah memiliki tabungan, uang Sobat Pintar jangan dibiarkan mengendap saja. Mulai kenali berbagai produk investasi menguntungkan yang bisa jadi aset dan sumber penghasilan pasif. Produk investasi yang dimulai harus menyesuaikan tujuan awal yang sudah ditetapkan. Misalnya, kalau Sobat Pintar ingin tinggal di rumah elite di kota besar, maka investasi yang perlu dimulai adalah investasi properti.

Sudah siap mencapai financial freedom untuk kehidupan yang lebih baik?


Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan financial freedom di masa depan? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman!

Mulai Pendanaan!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of