Jangan Meminjam Uang ke Teman atau Keluarga! Ini Alasannya

Jangan Meminjam Uang ke Teman atau Keluarga! Ini Alasannya

Berbeda dengan meminjam uang dari bank maupun koperasi, meminjam uang dari teman atau keluarga ternyata memiliki dampak negatif yang cukup serius.

Untuk alasan apapun, untuk keperluan apapun, sebaiknya Kamu HINDARI meminjam uang dari teman maupun keluarga.

Nggak bisa dipungkiri terkadang kita terhimpit kebutuhan mendesak dan membutuhkan pinjaman uang cepat. Orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga menjadi prospek sumber pinjaman uang yang bisa kita percaya.

Lantas, kenapa sih nggak boleh meminjam uang dari teman atau keluarga?

1. Masalah piutang yang tidak jelas

Meminjam uang dari kerabat dekat biasanya tidak memiliki kontrak pinjaman yang jelas.

Peminjam sedang merasa kebingungan mencari pinjaman uang, sedangkan pemberi pinjaman merasa iba kepada si peminjam.

? Tips ?

Jika Kamu memang terpaksa meminjam uang dari teman maupun keluarga, pastikan ada perjanjian pinjaman yang jelas. Cantumkan tentang tanggal pasti pelunasan hutang, tentang kelonggaran pembayaran (kalau perlu), denda keterlambatan, maupun ketentuan cicilan. Pastikan Kamu sebagai peminjam dan pihak pemberi pinjaman sama-sama menyetujui semua ketentuan yang ada sebelum Kamu menerima uang pinjamannya!

Akibatnya, tidak ada hitam di atas putih yang menyebutkan tentang tanggal pasti pelunasan, denda keterlambatan, pun pemberi pinjaman tidak bisa menangguhkan bunga pinjaman.

Kondisi ini menempatkan kedua pihak dalam ketidakpastian. Peminjam serba was-was kalau pemberi pinjaman menagih hutang sewaktu-waktu. Pemberi pinjaman juga khawatir kalau pelunasan hutang tidak tepat waktu.

2. Pembayaran hutang tidak menjadi prioritas

Asas kekeluargaan jadi poin kelemahan dalam pinjam-meminjam uang di lingkup pertemanan maupun keluarga.

Seringkali peminjam meminta ‘keringanan’ waktu pelunasan hutang. Sehingga pembayaran hutang terus mundur jauh dari tanggal yang sudah dijanjikan.

Dalam hal ini, pemberi pinjaman jadi pihak yang sangat dirugikan. Bisa jadi pemberi pinjaman juga punya kebutuhan yang harus dipenuhi dan mengandalkan uang dari hutang yang akan dilunasi.

Mestinya peminjam tidak menggampangkan soal piutang dengan teman atau keluarga. Tidak peduli sudah seberapa dekat hubunganmu dengan teman atau anggota keluarga tersebut!

3. Bagaimana jika pemberi pinjaman mendadak membutuhkan uangnya?

Nah, ini salah satu hal yang bikin nggak nyaman saat pinjam uang dari teman atau keluarga.

Kalau si pemberi pinjaman tiba-tiba juga punya kebutuhan mendesak, siap-siap aja deh untuk ditagih sebelum tanggal pelunasan!

Walaupun sudah ada tanggal pelunasan nih, biasanya kalau sudah dihimpit kebutuhan, si pemberi pinjaman bisa tidak peduli dengan waktu yang disepakati.

Kalau udah begini, Kamu sebagai peminjam pasti ngerasa nggak nyaman, kan? Utang ditagih sebelum waktu pelunasan.

Contoh kasus lainnya, jika peminjam terlambat membayarkan hutang, pemberi pinjaman bisa secara sepihak menyita barang milik peminjam sebagai jaminan pelunasan.

Tentunya hal ini meresahkan. Namun apa daya jika tidak ada kontrak pinjaman yang jelas, hal-hal demikian bisa saja terjadi.

4. Bisa menimbulkan rasa canggung

Misalkan Kamu pernah meminjam uang dari seorang teman dan terlambat melunasinya.

Lalu saat ada acara kumpul dengan teman, pasti muncul rasa canggung di antara Kamu dan teman yang memberi pinjaman.

Kamu takut kalau di luar sepengetahuanmu temanmu itu ngomongin di belakang karena hutang yang pernah terlambat Kamu lunasi.

Temanmu pun menatapmu dengan waspada, khawatir kalau Kamu meminjam uang lagi dan terlambat lagi dalam melunasinya.

Hal-hal demikian otomatis muncul dan mempengaruhi hubungan kedua orang yang terikat masalah piutang.

5. Merasa kalau Kamu berhutang lebih dari sekadar uang

Padahal Kamu hanya berhutang ratusan ribu saja untuk membayar keperluan sekolah anak. Tapi kakak ipar yang memberimu pinjaman memintamu untuk mengantar-jemput anaknya di sekolah selama Kamu meminjam uangnya.

Padahal Kamu hanya meminjam uang, yang nantinya juga akan Kamu lunasi dengan uang.

Namun seringkali jika meminjam uang dengan kerabat dekat, kita juga merasa berhutang jasa karena telah dibantu secara finansial.

Seakan-akan setelah memberi pinjaman uang, si pemberi pinjaman berkuasa atas hidup si peminjam.

Etiskah hal ini? Tentu tidak.

Kamu sebagai peminjam bisa secara halus menolak permintaan pemberi pinjaman jika merasa tidak nyaman untuk melakukannya.

6. Merusak hubungan

Bagaimana jika temanmu atau saudaramu berkata kasar saat menagih hutang?

Atau bagaimana jika justru Kamu yang berkata kasar saat ditagih hutangnya?

Sakit hati. Merasa tidak dihormati. Merasa dibohongi.

Semua perasaan itu mengancam keberlangsungan hubunganmu dengan orang yang memberi pinjaman.

Dulunya sahabat dekat sekarang jadi musuh paling besar hanya karena masalah keterlambatan hutang.

Teman-temanmu yang lain akhirnya bertanya-tanya mengapa hubungan kalian sudah tidak sedekat dahulu. Akhirnya reputasimu sebagai peminjam dan sahabatmu sebagai pemberi pinjaman akan tercoreng setelah semua orang mengetahui permasalahan yang terjadi.


Nggak mau kan hal demikian terjadi?

Demi menjaga hubungan, jangan meminjam uang dari teman atau keluarga, ya!

Kalau membutuhkan pinjaman, masih ada kok sumber pinjaman yang memberimu kenyamanan saat melakukan pinjaman.

Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar!

Pinjaman online di Kredit Pintar mudah untuk didapatkan! Kamu hanya perlu download aplikasinya, isi data diri yang diminta, lalu pinjaman bisa cair ke rekeningmu dalam hitungan jam.

Pengajuan pinjamannya mudah, begitu pula pembayaran tagihannya. Pelunasan pinjaman di Kredit Pintar bisa melalui transfer berbagai bank, bisa juga melalui Alfamart.

Kalau Kamu ada pertanyaan lain soal layanan Kredit Pintar, langsung tanyakan aja ke Customer Service di nomor (021) 5059 8882, melalui email di cs@kreditpintar.com, ataupun DM di berbagai media sosial (Facebook, Twitter dan Instagram) Kredit Pintar.

Kredit Pintar siap membantu kebutuhan finansial-mu!

Yuk, buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman!

Pinjam Sekarang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of