Bingung Cari Ide Bisnis? Mulai Usaha Franchise Aja

Bingung Cari Ide Bisnis? Mulai Usaha Franchise Aja

Bagi yang pengen mulai bisnis tapi masih nggak punya ide, beli usaha franchise bisa jadi alternatif yang mudah!

Sekarang sudah banyak franchisor (pemilik usaha waralaba) yang menjajakan model bisnis yang mudah dengan jaminan keuntungan kepada para franchisee (pembeli/mitra waralaba).

Model bisnis waralaba ini bisa Kamu andalkan untuk mencari keuntungan, meskipun Kamu belum memiliki pengalaman di dunia bisnis sekalipun!

Untuk semakin memantapkan niatmu, nih ada beberapa alasan untuk memulai usaha franchise dari sekarang!

Cocok untuk pemula

Membeli bisnis franchise banyak dilirik oleh para pemula dalam dunia bisnis. Model bisnis yang sudah dijamin berjalan dan menghasilkan keuntungan membuat bisnis ini diminati banyak pemain baru.

Membeli usaha franchise menawarkan banyak kemudahan bagi pemula dalam dunia bisnis, hal-hal yang tidak mereka dapatkan dari merintis bisnis sendiri dari nol.

Usaha franchise biasanya menawarkan pelatihan di awal bagi yang tertarik untuk memulainya. Pelatihan tersebut mencakup pelatihan produksi, kiat menghadapi customer, hingga pelatihan mengatur keuangan bisnis.

Selain itu, usaha franchise biasanya menawarkan pemasaran atau marketing sendiri. Jadi para franchisee tidak perlu direpotkan oleh pemasaran.

Namun, yang jadi poin utama para pemula melirik bisnis waralaba adalah risiko kegagalan yang minim.

Walaupun masih ada risiko, paling tidak sudah banyak franchisee lain yang membuktikan kalau bisnis waralaba tersebut menguntungkan dan jauh dari kata rugi.

Tidak butuh banyak usaha

Bagi pemula dalam dunia bisnis, memulai usaha franchise bisa jadi jalan pintas menuju kesuksesan.

Pasalnya, memulai bisnis waralaba memberikan banyak kemudahan bagi para franchisee. Beda dengan merintis usaha dari nol, banyak hal yang tidak perlu dilakukan oleh pelaku usaha waralaba.

Misalnya, hal yang paling dasar seperti mencari ide usaha. Banyak orang yang ingin memulai bisnis harus menunda langkahnya lantaran kesulitan dalam mendapatkan ide bisnis. Walaupun sudah dapat ide, banyak dari mereka yang masih takut untuk mengeksekusi ide tersebut.

Selain dari segi ide usaha, tugas lain yang tidak perlu dilakukan oleh pelaku bisnis waralaba adalah mencari supplier dan target pasar.

Dua hal ini biasanya jadi PR berat bagi para perintis usaha. Riset pasar dan perbandingan harga supplier merupakan tugas berkepanjangan yang perlu dilakukan setiap pemilik bisnis di awal.

Namun dengan membeli bisnis waralaba, tugas-tugas tersebut sudah dikerjakan oleh franchisor. Sehingga para franchisee tinggal menjalankan proses produksi dan transaksi saja.

Peluang sukses lebih besar

Alasan utama kenapa usaha franchise banyak dilirik pemula adalah kemungkinan sukses yang lebih besar.

Semakin besar jaringan waralaba yang ingin dibeli, semakin besar pula kemungkinan untuk meraih keuntungan.

Misalnya bisnis waralaba makanan yang sudah tersebar di seluruh Indonesia akan memberi peluang sukses yang lebih besar karena sudah terbukti minat masyarakat yang tinggi.

Apalagi kalau sudah banyak franchisee yang membuktikan kalau model bisnis waralaba tersebut laku keras di pasaran. Kemungkinan untuk meraih keuntungan besar pun semakin terbuka lebar.

Ditambah dengan pelatihan yang disediakan membuat para franchisee mendapat modal ilmu untuk bersaing di pasar.

Bisa dimulai dengan modal kecil

Hal lain yang menarik perhatian pebisnis baru untuk membeli usaha waralaba adalah hanya membutuhkan modal sedikit.

Bisnis waralaba sekarang bisa dimulai dengan rentang modal dari 1 juta hingga 1 miliar, tergantung model bisnisnya.

Selain itu, seperti yang sudah dibahas di atas, karena usaha pemasaran sudah dikerjakan oleh pihak franchisor, para franchisee tidak perlu keluar modal lagi untuk marketing.

Dengan modal awal yang dibayarkan pun, franchisee sudah mendapatkan banyak hal. Biasanya mendapat atribut penjualan yang berupa stand, alat-alat produksi, hingga pasokan bahan baku awal untuk memulai penjualan pertama.

Gimana, tertarik untuk menjadi franchisee dan memulai bisnis waralaba yang menguntungkan?


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of