5 Usaha Musiman Menguntungkan yang Ada di Indonesia

5 Usaha Musiman Menguntungkan yang Ada di Indonesia

Siapa bilang di Indonesia hanya ada 2 musim? Faktanya, Indonesia memiliki banyak pergantian musim yang masing-masing bisa dijadikan ide untuk membuka usaha musiman.  

Kita bukan sedang bahas musim kemarau atau musim hujan. Musim yang dimaksud adalah momen yang ramai dirayakan atau dibicarakan oleh orang-orang Indonesia.

Misalnya, musim nikahan, musim buah-buahan, musim wisuda, atau musim Momen-momen tersebut bisa jadi kesempatan untuk membuka usaha musiman yang menguntungkan.

Yaa, meskipun durasinya hanya sebentar, tapi membuka usaha musiman bisa membawa keuntungan yang lumayan, lho!

Berikut 5 usaha musiman menguntungkan yang biasa ada di Indonesia. Pssst, mungkin ide usaha musiman ini bisa jadi inspirasimu untuk membuka bisnis yang sama juga!

Bisnis makanan ramadhan dan lebaran

Mayoritas orang Indonesia merayakan hari raya Idul Fitri. Momen Ramadhan hingga lebaran tentunya bisa banget dimanfaatkan untuk membuka usaha di bidang kuliner.

Mulai dari bulan puasa, biasanya banyak orang yang berjualan sajian takjil untuk berbuka puasa. Ada juga yang membuka langganan katering dadakan yang menyediakan menu makanan buka puasa maupun sahur.

Menjelang hari lebaran, akan banyak bermunculan penjual kue kering atau parcel khas lebaran. Walaupun terlihat banyak pesaing, usaha makanan saat lebaran seperti nggak ada matinya.

Semakin banyak orang yang tidak sempat mempersiapkan kue lebaran atau parcel hantaran membuat usaha musiman yang satu ini selalu diminati pasar.

Usaha jasa pada saat lebaran

Lebaran selalu identik dengan tradisi mudik dan libur panjang. Libur panjang ini menyisakan berbagai tanggung jawab rumahan yang terbengkalai.

Tanggung jawab membersihkan rumah yang ditinggalkan oleh asisten rumah tangga selama mudik atau merawat hewan peliharaan yang ditinggal pulang kampung.

Nah, biasanya akan banyak yang menjajakan jasa infal untuk membantu merawat rumah. Beberapa orang dan Pet Shop juga membuka jasa penitipan hewan peliharaan selama mudik lebaran.

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

Bisnis saat event olahraga

Warga Indonesia termasuk penggila tontonan olahraga. Setiap ada pertandingan olahraga skala internasional, para fans olahraga mati-matian mendukung jagoannya.

Pertandingan badminton, sepak bola, basket, hingga olahraga atletik jadi yang paling ditunggu-tunggu.

Momen ini biasa diincar orang-orang sebagai kesempatan untuk meraup keuntungan. Jualan jersey bola tim-tim yang bertanding, aksesoris suporter seperti syal, topi dan gelang. Bisa juga menjual maskot dan pernak pernik yang berhubungan dengan event olahraga besar, seperti Asian Games kemarin.

Bisnis tahun ajaran baru

Tahun ajaran baru juga bisa jadi kesempatan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, lho!

Biasanya tahun ajaran baru tiba sekitar bulan Juli. Sebelum masa anak masuk sekolah, pasti orang tua heboh belanja keperluan anak sekolah.

Seragam sekolah, alat tulis, sepatu, hingga tempat bekal makan jadi incaran para orang tua.

Wajar jika banyak orang maupun toko-toko yang menjual berbagai perlengkapan sekolah. Bahkan nggak sedikit toko yang memberikan diskon khusus perlengkapan anak sekolah. Usaha musiman saat tahun ajaran baru ini menjanjikan keuntungan yang lumayan, lho!

Usaha musiman mengikuti tren

Selain beberapa musim di atas yang pasti datang setiap tahunnya, di Indonesia ada juga beberapa musim yang datangnya nggak terduga.

Misalnya, musim batu akik yang mendadak hidup kembali. Atau musim es kepal yang cepat sekali hilangnya.

Meski nggak pasti dan nggak terduga, tren seperti ini bisa jadi peluang besar untuk membuka usaha musiman yang menguntungkan.

Selain 5 usaha musiman di atas, sebenarnya masih banyak lagi bisnis yang hanya akan laku pada saat-saat tertentu.

Kamu pun bisa membuka mencari untung dengan bisnis temporer tersebut! Soal modal nggak perlu khawatir! Kamu bisa pinjam dana di Kredit Pintar untuk modal memulai usaha.

Dengan proses mudah, cepat serta bunga yang ringan, pinjaman dari Kredit Pintar bisa jadi sumber pinjaman modal untuk awal usaha yang menguntungkan!

Yuk, buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman!

Pinjam Sekarang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of