Belum Sempat Berkurban? Persiapkan Idul Adha Tahun Depan dari Sekarang

Bagi umat Muslim yang sudah berpenghasilan tentunya memiliki keinginan untuk menyumbang hewan kurban tiap tahunnya. Entah itu kambing atau sapi, secara keluarga atau perseorangan, berkurban merupakan suatu keharusan bagi umat Muslim yang sudah berpenghasilan.

Bagi Sobat Pintar yang belum berkesempatan untuk menyumbang hewan kurban tahun ini walaupun berkeinginan untuk melakukanya, bisa merencanakan kurban untuk Idul Adha tahun depan dari sekarang. Berikut beberapa caranya:

  • Menabung

Memang sih, menabung pasti jadi cara pertama yang dipikirkan. Dengan menyisihkan sedikit uang tiap bulannya dan berbekal keyakinan kalau uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli hewan nantinya. Namun sisi negatifnya, ada risiko di mana uang yang ditabung nantinya terpakai untuk memenuhi keperluan mendesak.

  • Kurban sebagian

Bila keberatan dalam kondisi keuangan pribadi untuk berkurban utuh, hukum dalam berkurban diperbolehkan untuk bergabung. Hanya saja hewan yang diperbolehkan hanya kerbau atau sapi. Dan juga maksimal orang yang bergabung untuk satu ekor sapi/kerbau adalah 7 orang. Tentunya agar lebih terjangkau harganya, pembelian hewan Kurban sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Biasanya pembelian hewan untuk keperluan ini sudah dilayani sejak 6 bulan sebelum hari raya Idul Adha. Tapi ya kalau tidak punya teman atau keluarga yang mau berbagi porsi hewan kurban, susah juga untuk memulai cara ini.    

  • Pendanaan

Selain menabung, pendanaan juga bisa jadi alternatif. Misal Sobat Pintar melakukan pendanaan dengan jangka waktu 6 bulan dari sekarang. Nantinya uang yang ditanam plus bunganya bisa digunakan untuk membeli hewan kurban sejak dini selagi harganya belum naik. Tidak seperti menabung, uang yang ditanam dalam pendanaan tidak bisa diambil sewaktu-waktu, sehingga risiko untuk menggunakan uang tersebut dengan berbagai alasan pun bisa diminimalisir.


Sebenarnya, tiga poin di atas merupakan opsi yang salah satunya bisa Sobat Pintar pilih untuk beli hewan kurban untuk hari raya Idul Adha. Kalau lebih tertarik dengan pendanaan, bisa mulai dengan Kredit Pintar. Sejauh ini Kredit Pintar memberikan bunga keuntungan yang cukup besar dan bisa dimulai dengan modal Rp 500 ribu.

Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di http://bit.ly/2KVve6W.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *