Pentingnya Strategi Pemasaran Demi Keberhasilan UKM

Bagi Sobat Pintar yang punya usaha di bidang UKM, pasti tidak asing lagi dengan strategi pemasaran. Hal ini terbilang cukup krusial dalam pertumbuhan dan ketahanan suatu usaha. Sayangnya, banyak UKM yang tidak bisa bertahan lama karena pemiliknya tidak memiliki pemahaman yang baik mengenai strategi pemasaran yang efektif.

Apa aja sih kesalahannya?

  • Berpikir kalau Barang akan Terjual dengan Sendirinya

Masih ingat es kepal yang sempat viral? Fenomena viralnya es kepal di media sosial  melahirkan banyak penjual es kepal di seluruh penjuru Indonesia. Tidak perlu berkoar di sosial media atau membagikan brosur ke pejalan kaki, semua orang saat itu ingin mencicipi es kepal. Sehingga usaha yang satu itu mendadak laris manis. Namun setelah pamornya pudar, stand es kepal juga mulai tutup satu per satu.

Nah, ini merupakan contoh pola pikir jualan tidak perlu promosi. Dengan hanya mengandalkan fenomena tidak akan membuat sebuah usaha bertahan lama. Berbagai bentuk promosi masih harus dilakukan. Selain itu, inovasi juga harus terus dilakukan untuk mengikuti arah pasar.

  • Kegiatan Pemasaran Seadanya

Iya sih, sudah ada usaha untuk melakukan promosi. Tapi spanduk yang dipasang di depan toko tidak terlalu efektif untuk menjangkau banyak konsumen. Padahal promosi bisa dilakukan lebih dari sekadar banner yang digantung di lokasi usaha.

  • Terlalu terpaku pada dominasi pasar

Kebanyakan pengusaha UKM terlalu berfokus pada kompetitor. Akibatnya persaingan di pasar menjadi semakin ketat karena hampir semua UKM menggunakan strategi pemasaran yang sama. Padahal jika mereka lebih konsisten untuk berfokus pada pengenalan produk kepada masyarakat, pada akhirnya produk mereka akan lebih dikenal dari produk kompetitor.     


Dalam beberapa artikel di blog ini yang membahas tentang UKM, strategi pemasaran sudah dibahas. Tapi seperti apa sih strategi pemasaran yang baik itu?

  • Manfaatkan sosial media dan e-commerce

Di jaman sekarang, promosi melalui sosial media dan e-commerce bisa dilakukan demi mengimbangi promosi fisik yang telah dilakukan. Dengan membuka toko online akan menaikkan penjualan karena cakupan konsumen lebih luas.

Sekarang, tiap pengusaha bisa merasakan kemudahan untuk memasarkan barang lewat berbagai channel digital. Jadi, Sobat Pintar juga jangan khawatir dengan budget yang mahal dengan menghabiskan puluhan juta untuk memasang baliho atau iklan di media konvensional, cukup dengan puluhan ribu juga sudah bisa memasarkan secara digital, kok.

  • Konsistensi

Selain kuantitas promosi di awal, konsistensi dalam melakukan promosi juga diperlukan demi menumbuhkan kesan baik di mata konsumen. Konsistensi dalam pemasaran akan menumbuhkan kepercayaan konsumen atau suatu produk. Dampak positif jangka panjangnya adalah akan memunculkan konsumen-konsumen setia yang tidak hanya selalu membeli produk tersebut tapi juga menyarankan produk tersebut kepada kenalannya.

Konsistensi yang dimaksud bukan hanya tentang pemasaran, tapi juga konsistensi kualitas barang. Jika pengusaha bisa mempertahankan kualitas produk, konsumen tidak akan beralih kepada kompetitor.  

Tidak bisa dipungkiri, seringkali dibutuhkan dana tambahan dalam menjalankan strategi pemasaran. Di saat seperti ini, pinjaman online dari fintech bisa berperan penting dalam memberi dana tambahan guna menunjang usaha. Tak perlu khawatir, pinjaman di fintech sangat mudah dan aman lho. 😄

Butuh pinjaman uang untuk men-support usaha Sobat Pintar? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *