Kerja Freelance? Yuk Cari Tahu Perencanaan Keuangan yang Baik

Pernah menjumpai orang yang betah nongkrong di coffee shop, bahkan terkadang dari pagi hingga sore hari? Yep, bisa jadi orang tersebut kerja freelance. Freelancer atau pekerja lepas sekarang menjadi pilihan karir bagi banyak orang karena keleluasaan waktu dan tempat bekerja. Memang bagi sebagian orang bekerja di kantor dalam rumusan waktu 9-5 ditengah aturan-aturan yang berlaku membuat mereka merasa terbatasi. Ragam bidang freelance pun lumayan banyak, seperti penulis lepas, penerjemah dokumen, pemandu wisata, hingga fotografer.

Selain faktor kebebasan waktu bekerja, freelancer juga bisa menentukan sendiri berapa banyak proyek yang bisa dikerjakan yang tentunya akan menentukan berapa banyak penghasilan yang diterimanya. Tentunya ini bisa jadi mata pencaharian yang cukup menjanjikan jika sudah menguasai bidang dan pasar. Bahkan di US, penghasilan freelancer bisa mencapai 17% lebih banyak dari karyawan biasa.

Dengan kebebasan yang didapatkan dari bekerja freelance, tantangan untuk mengatur keuangan pribadi justru lebih besar. Karena penghasilan yang tak menentu, tidak seperti pegawai biasa yang menerima gaji bulanan, kalau tidak berhati-hati dalam mengatur keuangan, pemasukan pun tidak bisa membawa kemajuan ekonomi.

Berikut adalah tips mengatur keuangan yang baik bagi freelancer:

  • Buat rencana keuangan

Rencana keuangan sebaiknya menjadi sahabat baik buat yang kerja freelance. Rentang waktu dalam rencana anggarannya tetap dibuat bulanan seperti pegawai biasa. Waktu sebulan merupakan waktu yang paling efektif dalam melakukan perencanaan anggaran karena dalam sebulan bisa dilacak berapa pemasukan dan pengeluarannya. Hal yang perlu menjadi catatan penting dalam perencanaan keuangan tersebut antara lain: rata-rata pemasukan dalam sebulan serta rencana pengeluaran. Selain itu, tiap pemasukan juga perlu dicatat supaya bisa nampak berapa banyak project yang bisa dikerjakan dalam sebulan.

 

  • Bayar pajak

Sebagai WNI baik yang memiliki penghasilan, membayar pajak merupakan suatu kewajiban, tak terkecuali bagi pekerja freelance. Dalam pendaftaran online NPWP, disediakan opsi pekerja lepas dalam pilihan pekerjaan. Sehingga tak perlu takut untuk membayar pajak rutin bulanan dengan jumlah yang sama, karena perhitungan pajak pun sudah bisa diketahui di websitenya.    

 

  • Cicilan jadi pilihan bijak

Meskipun kedengarannya beresiko karena penghasilan yang dimiliki tidak menentu, membeli barang dengan cara mencicil justru baik untuk kondisi keuangan freelancer. Walau kerja freelance tidak memberi gaji yang pasti tiap bulannya, membeli secara kontan justru secara langsung akan mengganggu stabilitas keuangan freelancer karena biaya besar yang dikeluarkan dalam satu kesempatan justru akan terasa memberatkan.

 

  • Menabung

Yep, tentu saja menabung merupakan kewajiban semua orang yang berpenghasilan jika ingin meningkatkan kualitas perekonomiannya. Menabung yang dianjurkan tetap dihitung per bulannya dengan skema 50/30/20.

Namun jika menabung dirasa kurang menguntungkan, pendanaan bisa jadi alternatif. Proses pendanaan yang mudah dan memberi keuntungan yang terukur dalam jangka waktu tertentu bisa jadi sumber tambahan pemasukan lain.

Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com       

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *