Mengelola Dana Pinjaman dengan Efektif dan Tepat Sasaran? Ini Tipsnya!

Kredit tanpa agunan mampu memudahkan banyak orang mendapatkan dana pinjaman karena, tapi juga sangat rentan untuk disalahgunakan. Padahal maksud dari KTA adalah mendukung perekonomian masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam suntikan dana cepat. Penyalahgunaan yang dimaksud adalah penggunaan yang tidak sesuai dengan tujuan awal, atau dana pinjaman digunakan untuk keperluan yang konsumtif.

Emang bahayanya apa sih?

  • Kebutuhan yang ditargetkan tidak terpenuhi
  • Harus mengajukan pinjaman lagi
  • Terjebak dalam lilitan hutang

Lalu, apa cara untuk menghindarinya? Berikut ada beberapa tips untuk menghindari penyalahgunaan pinjaman dan mengelolanya dengan lebih efektif lagi:

 

  • Pisahkan dana pinjaman dan budget pribadi

Sesudah menerima uang pinjaman, segera pisahkan uang pinjaman dan uang pribadi. Jika dana tersebut tercampur, secara tidak sadar akan memunculkan anggapan akan hilangnya tanggung jawab pelunasan. Dengan begitu, memisahkan uang pribadi dengan uang pinjaman akan menghindarkan Sobat Pintar dari penyalahgunaan dana pinjaman.

 

  • Buat rencana pengeluaran

Jika Sobat Pintar bisa memastikan kalau pinjaman digunakan untuk target semula, perencanaan pengeluaran tidak perlu dibuat. Namun jika tidak, maka perencanaan pengeluaran bisa dibuat agar terus mengingatkan tujuan awal meminjam dana tersebut. Buat serinci mungkin perencanaan alokasi dana pinjaman, serta ingat jumlah dana yang dipinjam. Setelah dana tersebut dialokasikan, catat pula laporan pengeluaran dari dana pinjaman tersebut. Dengan begini, pengalokasian dana pinjaman dapat terpantau dengan baik.

 

  • Segera lunasi   

Tidak perlu menunggu hingga jatuh tempo pelunasan. Jika sudah memiliki dana pengganti, langsung segera lunasi. Karena satu, pelunasan sebelum jatuh tempo mengurangi risiko buruknya credit scoring yang bisa berdampak pada pengajuan pinjaman selanjutnya. Dua, menunda pelunasan memperbesar risiko telat bahkan gagal bayar karena uang yang tersedia bisa saja digunakan untuk keperluan lain.

Dengan memanfaatkan pinjaman online secara bijak, Sobat Pintar dapat mencapai target keuangan yang diinginkan. Bagi yang belum pernah memanfaatkan pinjaman online, tak perlu ragu lagi karena sudah banyak fintech yang berada dibawah naungan OJK.  

 

Butuh pinjaman uang untuk men-support kebutuhan pribadimu? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *