Duit Menipis? Ini Dia 5 Cara Menyelamatkan Masalah Keuangan Anak Rantau

Kesempatan untuk memulai kehidupan baru dan kebebasan yang disuguhkan di tanah perantauan memang menyenangkan. Tapi pada saat yang bersamaan, masalah keuangan timbul sebagai konsekuensi dari kebebasan tersebut. Identitas anak rantau yang tiap akhir bulan mengalami kesulitan keuangan memang sudah melekat. Baik dunia perkuliahan atau dunia kerja, pandangan itu susah dilepaskan.

Sebenarnya, masalah keuangan sekecil apa pun bisa diidentifikasi penyebabnya. Namun butuh tekad yang kuat untuk keluar dari problema tersebut. Untuk memahami masalah keuangan dan solusinya agar kondisi keuangan tidak selalu menipis, ini dia beberapa cara konkret untuk menyelesaikan masalah keuangan akhir bulan:  

 

  • Hargai uang receh

Pernah mendengar kisah seorang ibu rumah tangga yang bisa membeli kendaraan menggunakan uang receh yang disisihkan selama beberapa tahun? Hal tersebut adalah salah satu bentuk manfaat uang recehan yang seringkali disepelekan. Banyak orang yang enggan menyimpan uang recehan karena faktor ketidak praktisannya. Padahal jika disimpan dengan baik, uang receh bisa menjadi penolong Sobat Pintar ketika mengalami kebangkrutan akhir bulan.

Jika Sobat Pintar membeli sesuatu, jangan mau diberi kembalian permen. Minta uang receh sebagai kembaliannya karena permen tidak punya nilai tukar.

 

  • Jangan buru-buru beli barang

Jika Sobat Pintar ingin membeli barang, jangan langsung membeli barang tersebut setelah mendapat gaji atau uang saku. Walaupun sudah dihitung dengan matang, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi sebulan ke depan. Sehingga membeli barang di saat ini cukup berisiko terkena krisis moneter akhir bulan.

 

  • Manfaatkan promo  

Promo merupakan harta karun di mata setiap orang, terlebih lagi bagi para perantau. Baik promo makanan, diskon pakaian, hingga promo ojek online. Manfaatkan secara maksimal promo yang ada sehingga memberi sedikit kelonggaran finansial bagi Sobat Pintar.

Tapi perlu dirasakan juga tentang kebutuhan yang memiliki nilai lebih untuk Sobat Pintar. Apakah Sobat Pintar benar-benar butuh barang promo tersebut?

 

  • Rajin pantau pengeluaran

Dengan rajin memantau pengeluaran hingga ke pengeluaran harian, Sobat Pintar bisa mencegah pengeluaran yang sifatnya kurang penting. Pantau juga micro spending agar tidak bingung kemana uang Sobat Pintar pergi nantinya.

Sobat Pintar nggak mau kan, tiba-tiba nggak punya uang di akhir bulan dan nggak tau kemana aja pengeluarannya?

 

  • Mulai pendanaan

Langkah bijak untuk mencegah kondisi keuangan yang selalu menipis tiap bulan adalah mulai melakukan pendanaan. Opsi ini terbukti lebih menguntungkan ketimbang menabung karena bunga yang ditawarkan lebih besar. Selain itu, uang yang ditanam dalam pendanaan tidak dapat diambil sewaktu-waktu, sehingga secara tidak langsung menuntut Sobat Pintar untuk lebih berhemat.

Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *