Tips Agar Pengajuan Pinjaman Uang Anda Lancar

Seiring dengan kemajuan teknologi, layanan pinjaman uang pun sudah bisa diakses online melalui smartphone. Sudah banyak orang yang menggunkanan layanan ini demi menunjang kebutuhan finansialnya. Meskipun mudah, masih banyak juga peminjam yang mengeluhkan kalau pengajuan pinjaman mereka ditolak. Sebenarnya pengajuan pinjaman yang ditolak bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti data diri yang kurang lengkap atau foto KTP yang kurang jelas. Tapi jika Sobat Pintar merasa tidak ada masalah dalam data diri namun pinjaman masih ditolak, bisa jadi masalahnya terletak di skor kredit yang kurang, bahkan bisa saja tergolong buruk.

Pada dasarnya, penilaian kelayakan calon peminjam dalam pengajuan pinjaman online dilihat dari skor kredit mereka. Skor kredit mencantumkan rekam jejak pinjaman yang menyebutkan berapa banyak pinjaman yang telah diajukan, hingga ketepatan waktu pembayaran tagihan. Dengan skor kredit yang baik, peminjam akan merasakan kenyamanan dalam pengajuan pinjaman dimana pinjaman akan terus diproses. Begitu pula sebaliknya, jika skor kredit buruk, kemungkinan pengajuan pinjaman untuk ditolak semakin besar. Maka dari itu, menjaga skor kredit yang baik merupakan hal yang penting bagi Sobat Pintar yang sering menggunakan layanan pinjaman online. 

Gimana sih caranya membangun skor kredit yang baik?

 

  • Pinjam sesuai kemampuan

Intinya jangan sampai pinjaman online tersebut malah memberatkan Sobat Pintar. Sebelum mengajukan pinjaman, Sobat Pintar perlu mengetahui kemampuan keuangan pribadi. Hal ini mencakup penghasilan bulanan, jumlah tabungan, dan ada atau tidaknya hutang. Selain itu, perlu juga memahami produk pinjaman yang diminati. Yang perlu diperhatikan adalah besar bunganya dan lama tenor pelunasan pinjamannya. Di beberapa fintech penyedia layanan pinjaman juga menangguhkan biaya administrasi, baik dibayarkan bersama dengan tagihan ataupun dipotong langsung dari dana yang dipinjam.

 

  • Sering melakukan transaksi

Dengan sering melakukan transaksi di fintech terkait, tentunya akan membangun rekam jejak pinjaman Sobat Pintar. Tentunya jika tidak melanggar aturan-aturan yang telah disepakati di awal, skor kredit pun bisa dibangun dengan baik.  

 

  • Bayar tagihan tepat waktu

Jika sudah memiliki dana untuk melunasi pinjaman, segeralah melunasinya. Dengan tidak terlambat melunasi tagihan akan menjauhkan Sobat Pintar dari skor kredit yang buruk. Sehingga pengajuan berikutnya tidak akan ada masalah, dan bahkan limit pinjaman pun bisa meningkat.   

 

  • Meminimalisir penggunaan dana untuk kegiatan berisiko

Maksudnya tidak menggunakan dana pinjaman untuk hal yang bersifat konsumtif. Meskipun perusahaan fintech tidak memperhatikan maupun melarang penggunaan dana untuk hal apapun, penggunaan dana pinjaman untuk hal konsumtif justru akan memberatkan Sobat Pintar, terutama di saat pelunasan.

Nah, jika sudah mengetahui cara untuk menjaga skor kredit dengan baik, Sobat Pintar tak perlu khawatir lagi pinjaman ditolak.

Kalau butuh pinjaman uang, ajukan aja di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *