Kecanduan Handphone Berdampak Buruk! Solusinya? Detoks Digital

Yang namanya kebutuhan hidup, makin lama makin banyak variannya. Handphone yang awalnya jadi alat untuk memenuhi kebutuhan dalam berkomunikasi, sekarang menjadi alat yang bisa digunakan untuk banyak sekali kebutuhan. Hampir di seluruh aspek kehidupan, gadget memiliki peranan tersendiri. Hingga pada titik puncaknya, banyak orang mengalami kecanduan gadget. Tentu saja hal ini bisa mengancam kesehatan Sobat Pintar juga, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikologis.

Terlalu bergantung pada handphone sampai melupakan berbagai kebutuhan esensial bisa menyebabkan berbagai hal negatif lho. Pasti Sobat Pintar nggak mau itu terjadi, kan? Salah satu solusi yang paling efektif adalah melakukan detoks digital.

Detoks digital berarti mengurangi konsumsi berlebihan akses ke dunia digital untuk mewujudkan kesehatan fisik maupun psikologis. Lalu, apa sih tandanya Sobat Pintar harus melakukan detoks digital?

  • Bangun tidur, langsung mengecek handphone

Jika setelah membuka mata Sobat Pintar langsung membuka handphone, bisa dipastikan kalau Sobat Pintar kecanduan gadget dalam tahap yang lumayan parah.

  • Merasa cemas jika gadget tidak dalam jangkauan

Sobat Pintar pernah dengar tentang nomophobia? Nomophobia merupakan kondisi dimana seseorang merasa cemas bahkan sampai takut ketika mereka jauh dari gadget, sinyal hilang atau baterai habis.  

  • Sering mengecek handphone walaupun tidak ada apa-apa

Pernah merasa kalau handphone getar namun setelah dicek tidak ada pemberitahuan apapun? Perasaan seperti ini merupakan pertanda lain Sobat Pintar kecanduan gadget lho!

  • Terus menatap layar handphone saat berkumpul dengan teman atau keluarga

Di saat makan malam dengan keluarga atau nongkrong bersama teman bukannya ikut ngobrol, tapi malah menatap gadget terus menerus.

Setelah mengidentifikasi diagnosa Sobat Pintar dalam kecanduan gadget, langkah selanjutnya adalah memahami manfaat detoks digital:

  • Meningkatkan konsentrasi

Seseorang yang kecanduan gadget cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek, karena kegiatan yang dilakukan sering teralih dengan memeriksa handphone. Dengan memulai detoks digital, rentang perhatian orang tersebut akan meningkat dan kembali ke titik normal. Dampak positif yang bisa dirasakan adalah pekerjaan yang dikerjakan akan lebih cepat terselesaikan dengan tingkat kesalahan yang relatif kecil.

  • Fokus pada diri sendiri

Dampak negatif penggunaan handphone untuk menjelajah media sosial bisa berdampak pada menurunnya kebahagiaan seseorang. Seringkali seseorang membandingkan hidupnya dengan hidup teman-temannya yang ditunjukkan di media sosial. Padahal, yang sering diunggah ke media sosial adalah hal yang baik-baik saja dengan segala pencitraannya. Jerih payah untuk mencapai hal-hal tersebut tentunya jarang dipublikasikan di media sosial. Untuk yang tidak menyadarinya, mereka akan melihat ini sebagai kondisi “rumput tetangga yang lebih hijau” dan kurang bersyukur dengan hidupnya sendiri.

Dengan menjauhkan diri sejenak dari dunia media sosial, seseorang akan lebih berfokus pada dirinya dan mensyukuri apa pun yang dia punya.

  • Memperbaiki cara berkomunikasi

Sekarang muncul istilah texting personality atau kepribadian saat chatting. Texting personality bisa jadi bertolak belakang dengan gaya bicara seseorang. Bisa jadi orang tersebut sangat pendiam di dunia nyata, tapi banyak bicara di dunia maya. Sehingga saat berinteraksi langsung dengan orang lain di dunia nyata, orang tersebut cenderung malu dan tidak bisa berbicara dengan baik. Dengan detoks digital, orang tersebut dapat melatih kemampuan berbicaranya dengan orang di dunia nyata.

  • Hemat pengeluaran untuk paket internet

Manfaat detoks digital untuk kantong adalah berkurangnya biaya untuk membeli paket internet. Sobat Pintar juga akan jarang browsing internet sehingga kemungkinan untuk terpapar iklan akan lebih kecil. Alhasil keinginan konsumtif untuk membeli barang-barang yang diiklankan pun juga bisa diminimalisir. Sehingga uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Nah, uang paket internet yang tersisa bisa digunakan sebagai modal pendanaan. Pendanaan bisa juga dibangun sebagai kebiasaan baik yang menguntungkan dalam jangka panjang. Dengan pendanaan, Sobat Pintar bisa mendapat keuntungan yang terukur sesuai jangka waktu yang dipilih dan modal yang disalurkan.

Alihkan dana yang tak terpakai sebagai modal pendanaan yang menguntungkan yuk! Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *