Bingung, Setelah Lulus Kuliah Mau Apa? 2 Hal Ini Bisa Jadi Panduan!

Masa kuliah memang bisa jadi salah satu waktu penting dalam kehidupan banyak orang kedepannya. Di masa ini Sobat Pintar berkesempatan untuk melakukan hal-hal yang bisa memberikan dampak baik pada CV nantinya, seperti mendapatkan IPK cum laude, aktif dalam organisasi, atau magang di perusahaan terkenal. Kalau Sobat Pintar bercita-cita membangun usaha sendiri, waktu kuliah juga bisa dimanfaatkan untuk membangun pondasi wirausaha. Apapun yang sifatnya positif dan membangun untuk masa depan memang baik dilakukan sejak awal, seperti saat masa kuliah.

Setelah hal-hal tersebut tercapai, kelulusan jadi momen yang ditunggu-tunggu. Masalahnya, masih banyak mahasiswa yang bingung tentang apa yang akan dilakukan setelah lulus kuliah nanti. Sebenarnya, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan Sobat Pintar setelah lulus, tapi artikel ini akan merangkumnya dalam 2 poin.  

  • Membangun Karir sebagai Karyawan

Setelah malam-malam yang diisi dengan begadang mengerjakan tugas, bersosialisasi dengan teman perkuliahan, atau hari-hari yang dipenuhi dengan rapat organisasi, sekarang tinggal waktunya pembuktian kerja keras Sobat Pintar selama berkuliah yang tertuang dalam selembar CV. Masa transisi dari mental anak kuliah ke dunia kerja juga akan dialami setiap orang. Ada senangnya, ada pula sedihnya.

Jika Sobat Pintar merantau demi pekerjaan, kebebasan yang disuguhkan di tanah perantauan bisa sangat menyenangkan. Namun, kesenangan tersebut datang bersama konsekuensinya. Salah satunya adalah seorang anak rantau yang sudah bekerja harus dituntut untuk mandiri dalam segala hal, terutama dalam mengatur keuangan. Sudah tidak bisa lagi minta uang bulanan ke orang tua ketika gajinya hanya cukup untuk beli mie instan. Konsekuensi seperti inilah yang harus ditanggung jika memilih untuk bekerja setelah kuliah. Tapi tentunya kesejahteraan finansial akan bisa didapaat Sobat Pintar bila tekun dan gigih dalam bekerja.

Disamping itu semua, kebahagiaan sebagai seorang pekerja yang merantau adalah ketika bisa mencukupi hidup dengan gaji sendiri. Terlebih lagi jika bisa menyisihkan uang untuk orang tua di rumah.

  • Membangun Bisnis Sendiri/Wirausaha

Jika Sobat Pintar memiliki jiwa usaha yang kuat, membuka bisnis sendiri juga bisa dilakukan setelah lulus kuliah. Sebenarnya ini adalah salah satu langkah yang cukup bijak, mengingat adanya ketimpangan jumlah lowongan dan pelamar kerja saat ini di Indonesia.

Hanya saja, yang perlu dipahami adalah merintis bisnis memerlukan usaha dan tanggung jawab yang besar. Misalnya usaha dalam memajukan usaha yang dijalankan dengan selalu mengikuti tren dan permintaan pasar. Selain itu tanggung jawab dalam mengelola keuangan supaya tidak tercampur dengankeuangan pribadi juga bukanlah hal sepele lho, Sobat Pintar.

Apapun keputusannya, Sobat Pintar perlu langkah bijak dalam perencanaan untuk masa depan, termasuk di dalamnya adalah perencanaan keuangan. Untuk fresh graduate yang terbilang pemula dalam perencanaan keuangan, melakukan perencanaan keuangan dengan pendanaan berjangka bisa sangat membantu. Pendanaan dalam bentuk menanamkan dana bisa dilakukan melalui layanan fintech, yang bisa diakses melalui website. Prosesnya pun tidak berbelit-belit dan tidak makan waktu lama. Selain itu, tentu saja keuntungan yang didapat terhitung lumayan sebagai dana tambahan melakukan investasi yang lebih besar.     

Ingin memulai pendanaan pribadi yang menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *