Cari Metode Detoks Keuangan Paling Ampuh? Mulai dengan Pendanaan Aja!

Mungkin Sobat Pintar tidak asing lagi dengan istilah detoks, yang sekarang gencar digunakan. Mulai dari detoks tubuh lah, detoks digital, hingga detoks keuangan. Tujuannya? tentunya untuk hidup yang lebih sehat. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah detox keuangan dengan pendanaan. Pendanaan disini bukan cara untuk menghilangkan racun-racun yang memperburuk kondisi keuangan Sobat Pintar. Pendanaan dimaksudkan sebagai cara untuk menarik Sobat Pintar dari jerumus kesalahan pengelolaan keuangan yang mungkin sudah lama menjerat Sobat Pintar.

Terus, gimana sih cara detoks keuangan yang benar?

  1. Diagnosa kondisi finansial saat ini
    Hal yang pertama sebelum melakukan detoks keuangan adalah dengan melihat kondisi keuangan Sobat Pintar saat ini. ‘Diagnosa’ ini bisa dimulai dengan menghitung besar pemasukan dan pengeluaran bulanan, merinci hutang yang harus dilunasi, hingga melihat tabungan maupun aset yang dimiliki. Dengan begitu bisa dilihat kekayaan bersih Sobat Pintar saat ini.
  2. Perencanaan (pembayaran utang)
    Setelah mengetahui kemampuan finansial Sobat Pintar saat ini, perencanaan pelunasan hutang bisa dimulai. Hitung sisa hutang hingga bunganya dan butuh berapa lama lagi untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Langkah ini tentunya harus dibarengi dengan poin ketiga.
  3. Batasi pengeluaran pribadi
    Demi mencapai poin sebelumnya dalam pelunasan hutang, penghematan harus segera dilakukan. Sadari tingkat konsumerisme Sobat Pintar saat ini. Mulai katakan tidak kepada secangkir kopi yang harganya 50 ribu rupiah. Atau kurangi online shopping meskipun banyak promo yang menggoda. Demi tercapainya kondisi keuangan yang sehat, pelunasan hutang harus tercapai terlebih dahulu.
  4. Punya tujuan konkret
    Tujuan utama Sobat Pintar saat ini adalah melunasi hutang yang ditanggung. Setelah semua hutang terlunasi, segera miliki tujuan keuangan yang lebih konkret. Kategorikan biaya-biaya yang mungkin dikeluarkan di masa mendatang. Contohnya adalah tabungan untuk liburan atau rencana cicilan untuk membeli sepeda motor.

Agar tidak terjerumus ke permasalah keuangan sebelumnya, pendanaan memiliki peranan penting untuk menyelamatkan Sobat Pintar. Keuntungan yang bisa dirasakan tentunya hadir dalam bentuk bunga yang cukup besar. Selain itu, pendanaan lebih unggul dari menabung karena uangnya tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Sehingga, secara tidak langsung Sobat Pintar membatasi diri sendiri untuk pengeluaran yang berujung pada masalah keuangan. 

Ingin memulai pendanaan untuk selamatkan kondisi keuangan pribadi? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *