Tips Hemat Berbelanja Perlengkapan Sekolah untuk Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru sudah tinggal hitungan hari. Sobat Pintar yang sudah jadi orang tua pasti sudah berburu perlengkapan sekolah yang baru. Kalau masih punya satu anak, berbelanja perlengkapan sekolah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tapi kalau anak sudah dua atau lebih, bisa jadi hal yang merepotkan.

Maka dari itu, orang tua perlu strategi untuk belanja perlengkapan sekolah supaya tidak bikin pusing dan memberatkan kantong.

Tips berikut bisa membantu Sobat Pintar dalam berbelanja perlengkapan sekolah untuk anak:

    • Buat daftar belanja

Sebelum membuat daftar belanja, hal yang perlu dilakukan adalah mengecek apakah masih ada barang-barang yang masih bisa dipakai. Di tempat-tempat seperti meja belajar atau rak buku biasanya banyak tercecer alat tulis yang masih bisa dipakai. Kumpulkan barang-barang tersebut dan pisahkan antara yang masih bisa digunakan dan yang harus dibuang. Selain itu, cek juga lemari anak. Siapa tahu ada seragam yang warnanya sudah pudar atau tas sekolah yang robek sehingga perlu membeli yang baru.

Dari situ Sobat Pintar bisa membuat daftar barang-barang yang memang perlu dibeli. Dengan membuat daftar belanja seperti ini, Sobat Pintar akan terhindar dari godaan atau rengekan anak untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

    • Gunakan kembali barang lama

Tahun ajaran baru memang identik dengan barang baru. Anak-anak akan semangat jika memiliki barang baru saat kembali masuk sekolah. Meskipun begitu, tidak ada salahnya menggunakan barang lama jika memang barang tersebut masih layak pakai. Demi mempertahankan semangat anak, Sobat Pintar bisa melakukan perawatan atau daur ulang sehingga barang yang lama tersebut tampak baru kembali.

    • Tentukan anggaran belanja

Sebelum mulai belanja dengan daftar yang sudah dibuat, sebaiknya menentukan anggaran yang hendak dikeluarkan untuk berbelanja keperluan ini. Libatkan juga anak ketika membuat perencanaan anggaran agar tahu batasan dana untuk masing-masing barang yang akan dibeli.

    • Pilih waktu yang tepat

Saatnya belanja! Pastikan Sobat Pintar tidak berbelanja disaat-saat akhir, karena biasanya stok perlengkapan sekolah cepat ludes diburu para orang tua. Belanja lebih awal tidak akan menimbulkan kesan terburu-buru. Jadi tidak akan ada penyesalan setelah membeli barang tersebut.  

    • Berburu diskon

Ini nih yang paling banyak dicari-cari! Biasanya di hari-hari menjelang tahun ajaran baru banyak pusat perbelanjaan yang memberikan diskon untuk perlengkapan sekolah. Tapi jangan sampai lupa diri setelah melihat diskon. Pastikan juga kondisi barang tersebut agar tidak merasa tertipu potongan harga.

 

Mau belanja perlengkapan sekolah untuk anak tapi dana tipis? Tenang aja! Sobat Pintar bisa pinjam uang degan Kredit Pintar. Pengajuan pinjaman dan pembayaran angsuran mudah, uang langsung cair dan data pengguna terjamin keamanannya. Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

One thought on “Tips Hemat Berbelanja Perlengkapan Sekolah untuk Tahun Ajaran Baru”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *