Penat Bekerja? Ini Cara Hemat Refreshing di Akhir Pekan

Jika sudah bekerja 40 jam atau lebih dalam seminggu, Sobat Pintar pasti merasa penat dan sangat menunggu akhir pekan. Namun seringkali, setelah refreshing di akhir pekan rasa penat masih sangat terasa. Kalau sudah begitu, liburan ke tempat wisata mulai terpikirkan. Padahal rekreasi ke tempat wisata pun tidak menjamin rasa penat tersebut bisa hilang. Satu-satunya hal yang pasti terjadi setelah berekreasi ke tempat wisata adalah menipisnya dompet.

Hal berikut bisa dilakukan untuk refreshing di akhir pekan tanpa harus menghamburkan uang:

  • Hari detoksifikasi digital

Detoksifikasi digital adalah waktu dimana dalam satu hari atau lebih seseorang benar-benar jauh dari teknologi, biasanya dilakukan di akhir pekan. Kegiatan ini sedang gencar dilakukan oleh orang-orang yang kesehariannya memang selalu bersentuhan dengan teknologi. Dalam sebuah buku yang berjudul Mind Change menunjukkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebih menghasilkan hormon dopamin sama seperti penggunaan obat-obatan terlarang atau konsumsi junk food. Dengan kata lain, penggunaan teknologi yang berlebih berimbas pada suatu bentuk ketergantungan. Sisi negatif lain yang ditimbulkan adalah memperpendek rentang perhatian seseorang, menurunkan rasa empati dan menyebabkan masalah lain.

Dianjurkan paling tidak sehari dalam satu minggu kita jauh dari teknologi dan berfokus pada kehidupan di dunia nyata. Memang mudah dikatakan, tapi sulit dilakukan. Namun, dengan sesekali menjauhkan diri dari dunia digital bisa memiliki imbas positif dalam recharging motivasi. Detoksifikasi digital juga menjauhkan Sobat Pintar dari kesalahan kebanyakan orang dalam refreshing di akhir pekan, yaitu dengan menonton serial drama favorit sampai tamat atau menyelesaikan video game. Bukannya refreshing, hal ini bisa lelahnya mata yang berimbas pada meningkatnya tingkat stress seseorang.   

  • Berkumpul bersama teman

Sebuah studi kasus yang dilakukan oleh suatu media swasta menunjukkan bahwa untuk menjaga pertemanan di kota-kota besar memerlukan ongkos yang tak jarang memberatkan. Status quo ini tentunya sangat mudah dipatahkan karena berkumpul bersama teman tidak harus menghambur-hamburkan uang. Tidak harus nongkrong di kafe mahal demi satu post di Instagram. Atau jalan-jalan di mall yang berujung pada pengeluaran yang tidak direncanakan.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama teman-teman tanpa perlu ongkos yang besar. Misalnya, menjelajaih penjuru kota menggunakan kendaraan umum. Atau sekadar berolahraga bersama. 

  • Aktivitas yang bermanfaat untuk diri sendiri

Tidur di sepanjang akhir pekan tidak termasuk disini, ya! Orang yang melegakan dirinya untuk tidur atau sekadar bermalas-malasan sepanjang akhir pekan malah merasa lemas ketika memulai hari Senin. Apapun kegiatan refreshing yang dilakukan diharapkan bisa mengalihkan pikiran dari pekerjaan, lebih baik lagi kalau berimbas positif bagi diri sendiri. Berolahraga, ikut kegiatan volunteer, belajar hal yang sejak lama ingin dipelajari sangat bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran.

Nah, daripada uang Sobat Pintar dihabiskan untuk bersenang-senang di akhir pekan, lebih baik dipakai untuk melakukan pendanaan jangka pendek melalui fintech. Cara yang satu ini mulai banyak dilirik karena kemudahannya dan bisa dimulai dengan modal kecil. Selain itu, laba dari pendanaan bisa digunakan untuk liburan sesungguhnya di masa yang akan datang.

Punya uang lebih tapi masih ditabung aja? Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *