Keamanan Data Pelanggan Dalam Melakukan Pinjaman Melalui Fintech

Keamanan data pelanggan merupakan salah satu isu yang santer dibicarakan beberapa saat terakhir. Bukan hanya terjadi di platform media sosial saja, isu ini juga telah menyebar ke platform fintech. Isu yang bergejolak di masyarakat ini menambah takut orang untuk menikmati kemudahan pinjaman melalui fintech.

Sebelum isu ini muncul pun, masyarakat masih kurang percaya terhadap layanan pinjaman fintech. Kebanyakan dari masyarakat yang belum percaya masih memiliki mindset bahwa lebih banyak formulir yang diisi, maka lebih aman proses pinjaman tersebut. Sehingga menyebabkan anggapan pinjaman uang di fintech yang hanya memerlukan foto KTP tidaklah aman. Ditambah dengan isu bocornya data, menyebabkan masyarakat semakin takut untuk melakukan pinjaman melalui platform ini.

 

Sebenarnya meminjam melalui fintech terhitung menguntungkan, mengingat kemudahannya. Untuk mengatasi isu ketidakamanan data, hal berikut harus diperhatikan untuk menjamin keamanan dari fintech yang hendak digunakan:

  • Terdaftarnya fintech tersebut di OJK

Melakukan pinjaman online yang minim pengawasan tentunya memiliki resiko yang cukup tinggi. Maka dari itu perlunya pengawasan yang baik dari OJK diperlukan demi menghindarkan peminjam dari kerugian atau penipuan. Dengan terdaftar di OJK, bisa hampir dipastikan bahwa peminjaman  

  • Kemudahan akses menghubungi Fintech tersebut

Apek ini bisa dilihat dari eksis tidaknya sosial media dari fintech tersebut. Selain itu, kesediaan CS juga sangat membantu jika pengguna aplikasi memiliki keluhan terkait layanan yang diberikan. Sehingga kalau sewaktu-waktu pengguna aplikasi memiliki keluhan atau pertanyaan terkait layanan yang diberikan, pengguna dapat dengan mudah menghubungi pihak fintech tersebut.  

  • Menjaga data pribadi

Hal yang paling krusial yang terkadang dianggap remeh adalah menjaga data pribadi pengguna aplikasi. Biasanya kelalaian terjadi dikala pengguna aplikasi memiliki keluhan. Pengguna tersebut biasanya menyuarakan keluhannya di kolom komentar media sosial perusahaan fintech dengan mencantumkan nama lengkap serta nomor handphone. Hal ini yang seringkali menyebabkan bocornya data pengguna ke tangan tak bertanggung jawab.

 

Pada dasarnya, meminjam uang melalui fintech cukup menguntungkan bagi peminjam mengingat kemudahan yang diberikan oleh layanannya. Isu keamanan pun bisa dicegah jika memerhatikan hal-hal diatas.

 

Jika Sobat Pintar butuh pinjaman yang menjamin keamanan data pengguna, ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat, nyaman dan yang pasti aman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *