Memberi Pinjaman Uang Ke Teman? Ketahui Resikonya

Meskipun sekilas terdengar terpercaya dan mudah, memberi pinjaman uang ke teman juga beresiko. Tidak peduli sedekat apa hubungan pertemanan Sobat Pintar, kemungkinan resiko untuk merugikan keuangan dan hubungan pertemanan juga tetap ada.

Nah, faktor paling umum yang paling sering mendasari Sobat Pintar memberi pinjaman uang ke teman ada dua:

  1. Faktor persahabatan

Ketika sahabat kita meminjam uang, biasanya kita akan dengan mudah memberi pinjaman uang. Yaa, seperti lagu yang judulnya “That’s What Friends are For”. Ikatan persahabatan memang condong untuk mendorong kita agar menolong sahabat yang sedang dalam kesulitan keuangan.

  1. Faktor kasihan

Ini faktor yang paling berbahaya. Kok bisa? Karena rasa kasihan akan menuntun Sobat Pintar ke masalah yang lebih besar dalam hal piutang. Sebelum membahas lebih dalam tentang resiko, mari ambil satu skenario pendek yang membuat kita merasa kasihan.

Sahabat kita sejak SD butuh uang untuk melunasi biaya sekolah anak. Sedangkan orang tuanya sedang sakit di kampung. Istri sahabat kita juga sedang hamil besar dan jelas membutuhkan biaya untuk bersalin. Jadi, gaji sahabat kita sudah teralihkan untuk beberapa kebutuhan.

Kalau sudah begini, jadi susah menolak kan?

 

Nah ini tingkatan resikonya ketika kita selalu merasa kasihan saat hendak meminjamkan uang:

  1. Pelunasan mundur

Padahal sudah sama-sama sepakat menentukan tanggal pelunasan. Masih saja pelunasannya mundur dengan berbagai alasan. Tapi karena kasihan, kita akan memakluminya.

  1. Pinjaman berulang

Sudah telat bayar, masih ditambah dengan meminjam lagi. Kalau sudah merasa iba memang susah untuk menolak. Apalagi yang sedang mengalami kesulitan adalah sahabat kita sendiri.

  1. Capek menagih

Telat lagi, telat lagi! Sudah capek bolak-balik dihubungi tapi tidak ada respon. Yang bahaya adalah ketika Sobat Pintar datang ke rumah peminjam untuk menagih, tapi orangnya tidak ada.

  1. Uang dibawa kabur

Ternyata uang dibawa kabur! Duh, gimana dong?

Nah, sebelum hal-hal diatas terjadi, Sobat Pintar tentunya bisa mencegahnya. Cara yang disarankan adalah mengajak sahabat Sobat Pintar untuk meminjam uang melalui fintech. Selain mudah, jangka waktu angsuran juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Data pelanggan juga aman dari penyalahgunaan lho!

Tunggu apa lagi? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman uang yang cepat dan nyaman! Data pelanggan juga aman, jadi gak perlu ragu untuk download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *