Sedang Bangun Bisnis? Ini Dia Strategi Sukseskan UMKM dengan Manfaat Fintech

Peluang untuk membangun UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia masih terbuka lebar. Asalkan memiliki ide yang ‘out of the box’, bisnis tersebut akan mampu bersaing di pasaran. Selain ide dan modal, strategi bisnis juga merupakan hal yang wajib dimiliki.

Beberapa strategi ini bisa diterapkan Sobat Pintar jika ingin memulai UMKM:

  • Berani “trial and error”

Jika masih dalam tahapan awal membuka usaha, jangan merasa takut gagal dan tanamkan pola pikir untuk mencoba hal baru. Inovasi sebaiknya mengalir terus sampai tahu apa yang diminati pasaran. Selain itu, kejelian dalam melihat minat pasar bisa meminimalisir faktor ‘error’ dalam tahap ini.

  • Rencana bisnis yang jelas

Rencana bisnis yang dibangun Sobat Pintar harus jelas dan terperinci. Rencana bisnis bisa mencakup strategi pemasaran, estimasi biaya, rencana produksi, sampai pemilihan lokasi usaha. Semua hal tersebut harus dipikirkan dengan matang dan sesuai dengan kebutuhan.

  • Bangun “networking”

Relasi yang baik tidak hanya harus dijalin dengan konsumen. Menjalin hubungan baik dengan supplier pun bisa jadi hal yang menguntungkan. Usahakan relasi yang dibangun bersifat simbiosis mutualisme antara pelaku usaha dengan supplier bahan baku.

  • Manfaatkan teknologi

Pengaplikasian teknologi yang tepat guna tentunya bisa menunjang sebuah usaha. Namun kenyataanya, masih banyak penggerak UMKM yang enggan untuk memanfaatkan teknologi. Sebagian besar disebabkan karena pelaku UMKM belum melek teknologi sepenuhnya. Padahal, penggunaan teknologi bisa menguntungkan usaha mereka. Pemasaran melalui media sosial juga merupakan salah satu keuntungan memanfaatkan teknologi. Selain itu, jasa transportasi online juga bisa menunjang perluasan pasar.

Nah, sekarang ada satu lagi manfaat teknologi yang bisa dirasakan pelaku usaha, yaitu peminjaman uang melalui fintech. Jika selama ini pilihan pelaku usaha meminjam uang adalah melalui investasi keuangan, sekarang meminjam uang bisa melalui smartphone saja.

Apa sih manfaat pinjam uang di Fintech?

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan pelaku UMKM dalam menunjang usahannya.

Contoh kasusnya, suatu usaha mendapat pesanan dari pembeli, namun kurang modal untuk mulai produksi. Dana pinjaman di fintech bisa dimanfaatkan menjadi dana talangan. Para penggerak UMKM biasanya enggan meminjam ke instansi keuangan, karena kekurangan dana produksi akan langsung tertutup setelah menerima pembayaran dari pembeli. Oleh karena itu, mereka cenderung mencari pinjaman dengan tempo pelunasan singkat.

Pinjaman dana melalui fintech juga bisa untuk mengembangkan UMKM. Misalnya, dana yang dipinjam bisa dipakai untuk membeli infrastruktur penunjang produksi. Sehingga produksi UMKM yang dimiliki bisa meningkat seiring dengan permintaan.

Tertarik mengajukan pinjaman uang untuk men-support usaha Sobat Pintar? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *