Perencanaan Keuangan Untuk yang Baru Masuk Dunia Kerja

Memulai fase baru dalam hidup dengan masuk ke dunia kerja merupakan salah satu momen pendewasaan bagi banyak orang. Akan ada banyak hal baru yang bisa dijumpai dalam fase ini, salah satunya adalah pentingnya kemampuan untuk menyusun perencanaan keuangan. Kemampuan untuk menyusun perencanaan keuangan yang baik memang membutuhkan waktu untuk belajar. Sehingga kemampuan ini sudah harus diasah sejak lama, bahkan sejak menerima gaji pertama.

Ingin mempersiapkan diri dengan kemampuan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang efektif? Beberapa tips berikut bisa membantu Sobat Pintar dalam perencanaan keuangan sejak menerima gaji pertama:

Gaji pertama untuk mengukur pengeluaran bulanan

Slogan “gaji pertama untuk senang-senang” sebaiknya dibuang jauh-jauh. Boleh saja Sobat Pintar menikmati gaji pertama. Tapi ingat, jangan sampai lupa diri ya! Biaya hidup sudah ditanggung sendiri, jadi bukan waktunya lagi untuk berhura-hura.

Gaji pertama sebaiknya digunakan untuk memperkirakan pengeluaran perbulan. Dari uang transport, biaya makan, sampai uang pulsa sebaiknya sudah mulai diperkirakan menggunakan gaji pertama. Langkah tersebut bisa jadi antisipasi agar gaji tidak habis sebelum waktunya. Nah, alangkah lebih baik jika bisa berhemat dahulu dengan gaji pertama, agar perencanaan keuangan di bulan selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Beri sedikit kelonggaran pada diri sendiri

Setelah ‘lulus’ dari fase penghematan gaji pertama, mulailah atur ulang pos-pos pengeluaran. Setelah berhemat, pengeluaran pun bisa sedikit dilonggarkan sesuai kemampuan Sobat Pintar. Pengeluaran yang sifatnya hiburan bisa mulai dianggarkan.

Hmm, tapi kan pekerja juga butuh refreshing?

Tenang aja! Sobat Pintar juga boleh kok mengatur pos pengeluaran untuk refreshing dan memanjakan diri. Tapi jangan lupakan pepatah “hemat pangkal kaya” dan pola pikir untuk mengeluarkan uang hanya demi kebutuhan yang benar-benar berguna saja.

Jadikan menabung sebagai kebiasaan

Bagi sebagian orang, menabung merupakan hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan. Namun bagi yang belum terbiasa, menabung bisa kok dibiasakan sebagai rutinitas. Misalnya jika ada sisa uang bulanan, jangan langsung dihabiskan untuk bersenang-senang. Biarkan uang tersebut tetap mengendap di rekening. Akan lebih baik jika bisa menyisihkan uang untuk ditabung sejak menerima gaji.

Mulai perencanaan keuangan masa depan

Idealnya, minimal jumlah tabungan harus bisa menunjang hidup selama 3 bulan. Nah, setelah jumlah ini tercapai, perencanaan keuangan untuk masa depan bisa sesegera mungkin dilakukan. Banyak alternatif yang bisa dilakukan pekerja pemula untuk menunjang tabungan masa depan. Salah satunya adalah melakukan pendanaan melalui fintech. Cara yang satu ini mulai banyak dilirik karena bisa dimulai dengan modal kecil, keamanan data, dan kemudahan penggunaannya.

Masih memikirkan berbagai strategi perencanaan keuangan yang paling efektif? Segera mulai pendanaan pribadi guna menunjang perencanaan keuangan masa depan Sobat Pintar. Mari mulai proses pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Kunjungi website-nya di https://kreditpintar.com

One thought on “Perencanaan Keuangan Untuk yang Baru Masuk Dunia Kerja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *