Hilangkan Kebiasan Belanja Berlebih, Pahami 2 Hal Berikut!

Hampir semua orang memiliki kecenderungan melakukan hal yang salah karena kebiasaan belanja yang buruk. Beberapa perilaku pembelanjaan berlebih umumnya termasuk pembelian impulsif, kegagalan budgeting, pengeluaran emosional semata, atau bahkan biaya transaksi ATM.

Apakah Sobat Pintar bertanya-tanya bagaimana cara mematahkan kebiasaan belanja yang buruk? Yang diperlukan hanyalah sedikit disiplin dan perubahan gaya hidup. Uang yang Sobat Pintar simpan pasti akan lebih bermanfaat bila dilakukan dengan baik.

Mau tau beberapa cara mengatur keuangan lebih baik? Simak beberapa poin berikut!

 

Ambil Uang dalam Jumlah Kecil Saat Sobat Pintar Pergi

Jika Sobat Pintar memegang banyak uang tunai, kemungkinan besar Sobat Pintar akan tergoda untuk membelanjakannya. Salah satu hal paling sederhana yang dapat Sobat Pintar lakukan ketika bertujuan untuk menghentikan kebiasaan belanja yang buruk adalah meninggalkan uang cash Sobat Pintar di rumah.

Jika Sobat Pintar telah merencanakan untuk belanja, rencanakan pembelian Sobat Pintar terlebih dahulu dan hanya bawa jumlah yang ingin Sobat Pintar belanjakan. Jangan memasang mindset bawa uang berlebih karena ‘siapa tau nanti ada barang yang ingin dibeli’.

Beberapa orang masih tidak dapat menahan godaan dan mereka akan cenderung melakukan pembelian impulsif. Dalam hal ini, disarankan untuk mengambil langkah lebih jauh dan tinggalkan kartu kredit dan debit di rumah!

 

Melacak Pengeluaran

Kebanyakan orang tidak tahu berapa banyak uang yang mereka belanjakan untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Ada baiknya untuk melacak pengeluaran setidaknya selama satu bulan; catatan pengeluaran akan memberikan banyak informasi tentang area di mana Sobat Pintar dapat menguranginya.

Spreadsheet atau buku catatan Excel sederhana dapat digunakan. Dokumentasikan semua uang yang Sobat Pintar habiskan dan hal-hal yang telah Sobat Pintar belanjakan – membayar pinjaman, berbagai tagihan, pembelian makanan, perjalanan, hiburan, obat-obatan, dll.

Setelah Sobat Pintar mencatat kebiasaan pengeluaran Sobat Pintar selama satu bulan, Sobat Pintar dapat menetapkan harapan yang realistis tentang pengeluaran tetap Sobat Pintar (seperti tagihan telepon atau sewa) serta mengidentifikasi biaya variabel yang dapat Sobat Pintar kurangi. Menghabiskan pengeluaran Sobat Pintar untuk hiburan, misalnya, dapat menyebabkan perubahan besar pada uang tunai yang tersedia pada akhir bulan.

Ingat untuk mengambil langkah kecil dulu. Berusaha mencapai terlalu banyak memangkas pengeluaran dalam satu bulan hanya akan membuat Sobat Pintar enggan membuat perubahan jangka panjang.

Bila ada kebutuhan mendadak dan butuh dana tambahan, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman uang online di Kredit Pintar. Buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *